ALIRAN KOMUNIKASI ORGANISASI
ALIRAN KOMUNIKASI ORGANISASI Adalah suatu proses dinamik dalam mana pesan-pesan
secara tetap dan berkesinambungan diciptakan, ditampilkan dan dinterpretasikan yang hidup dan
berkembang dalam sebuah organisasi.
• Aliran Komunikasi Organisasi berfungsi untuk mengetahui bagaimana informasi itu terdistribusikan
kepada anggotaanggota organisasi, bagaimana pola-pola distribusinya dan bagaimana orang-orang
terlibat dalam proses penyebaran informasi itu dalam sebuah organisasi.
• Aliran Komunikasi Organisasi berpengaruh terhadap efektifitas organisai baik dalam kaitannya
dengan hubunganhubungan ataupun pula dalam pelaksanaan & pencapaian tujuan organisasi.
SIFAT ALIRAN INFORMASI
Guetzkow (1964), aliran informasi (penyebaran pesan) dalam organisasi dapat terjadi dalam tiga cara :
1. SERENTAK,yaitu proses penyebaran informasi (pesan) yang disampaikan secara bersamaan dalam
suatu waktu dengan objek sasaran yang banyak (lebih dari satu rang, bukan proses diadik)
Bentuk :Memo, Pertemuan, rapat (akbar), televisi, teleconference (penyampaian pesan bermedia).
Keuntungan: cepat, mudah/dapat diakses pada saat bersamaan, berhubungan dengan banyak sasaran
orang, informasi terbuka, biasanya dipergunakan oleh organisasi besar.
Kerugian : tidak dapat menyebarkan informasi yang sifatnya rahasia. Biasanyadigunakan oleh
organisasi publik atau organisasi yang memiliki jaringan kerja yang luas.
2. BERURUTAN : yaitu proses penyebaran informasi/pesan secara diadik (merupakan bentuk
komunikasi yang utama, Haney;1962). Dengan pola “siapa berbicara kepada siapa”. Informasi
disampaikan secara berurutan dari satu orang ke orang lain secara tidak bersamaan.
Bentuk :komunikasi antarpersonal, model jaringan sel.
Keuntungan :menjamin kerahasiaan informasi, lebih mendekatkan hubungan antar anggota.
Kerugian : lambat, memungkinkan terjadinya bias / distorsi informasi (multi persepsi/interpretasi).
Biasanya sangat efektif untuk organisasi yang bersifat politis, ideologis, rahasia, militer. Ataupun pula
untuk suatu kebijakan organisasi yang sifatnya tertutup / rahasia/ strategis. untuk itu dibutuhkan
kemampuan akurasi penyampaian pesan, daya ingat yang baik dan disiplin yang tinggi.
3. SERENTAK – BERURUTAN ;yaitu kombinasi kedua pola aliran yang telah disebutkan sebelumnya.
POLA ALIRAN INFORMASI
1. POLA RODA :adalah pola yang mengarahkan seluruh informasi kepada individu yang menduduki
posisi sentral. Orang dalam posisi sentral menerima kontak dan informasi dan memecahkan masalah
dengan saran / persetujuan anggota lainnya.
2. POLA LINGKARAN :semua anggota berkomunikasi satu sama lainnya hanya melalui sejenis
sistem pengulangan. Tidak seorangpun yang dapat berhubungan langsung dengan semua anggota
lainnya, demikian pula tidak ada anggota yang memiliki akses langsung terhadap seluruh informasi
yang diperlukan untuk memecahkan persoalan.
PENGARUH DUA POLA ALIRAN

PERANAN JARINGAN KERJA KOMUNIKASI
• KOMPONEN DALAM JARINGAN :
1. ANGGOTA KLIK, Klik adalah kelompok individu yang paling sedikit/ separuh dari kontaknya merupakan hubungan dengan anggota-anggota lainnya.
CIRI-CIRI KLIK :
Klik terjadi melalui interaksi dengan orang-orang yang dapat mereka lihat. (Sommer, 1969). Klik
terdiri dari individu-individu yang keadaan sekelilingnya memungkinkan kontak antar individu, saling
menyukai & merasa amat puas dg kontak tsb. Kebanyakan klik relatif akrab satu dg lainnya dalam
hierarkhi formal organisasi. Ini menunjukkan kemiripan sistem komunikasi formal dengan sistem
komunikasi informal (Rogers & AgarwalaRogers). Syarat anggota klik bahwa individu-individu harus
mampu melakukan kontak satu sama lainnya, bahkan dengan cara tidak langsung.
2. PENYENDIRI, adalah mereka yang hanya melakukan sedikit atau sama sekali tidak mengadakan
kontak dengan anggota kelompok lainnya. Bisa jadi seseorang menjadi penyendiri untuk tema-tema
pesan tertentu (yang mungkin tidak dia sukai atau tidak berhubungan dengan bidang tugasnya) namun
menjadi anggota klik sentral bila pesan-pesannya berhubungan dengan bidang tugasnya.
Sifat-sifat penyendiri (Goldhaber;1979) :
1. Kurang aman dlm konsep diri mereka.
2. Kurang termotivasi oleh cita-cita.
3. Kurang bersedia untuk berinteraksi dg orang lain.
4. Lebih muda dan kurang berpengalaman dalam sistem.
5. Lebih jarang menduduki posisi yang kuat dalam organisasi
6. Lebih cenderung menahan daripada melancarkan aliran informasi.
7. Relatif lebih tidak puas dengan sistem (golput)
8. Beranggapan bahwa sistem komunikasi tertutup bagi mereka.
3. JEMBATAN ;adalah anggota klik yang memiliki sejumlah kontak yang menonjol dalam kontak
antar kelompok, juga menjalin kontak dengan anggota klik lain. Sebuah jumbatan berlaku sebagai
pengontak langsung antara dua kelompok pegawai.
4. PENGHUBUNG ;adalah orang yang mengaitkan atau menghubungkan dua klik atau lebih tetapi ia
bukan anggota salah satu kelompok yang dihubungkan tersebut. (tekanannya bukan anggota klik dalam
kelompk atau orang luar sama sekali)
5. GATE KEEPER;adalah orang yang secara strategis ditempatkan dalam jaringan agar dapat
melakukan pengndalian atas pesan apa yang akan disebarkan melalui sistem tersebut.
6. PEMIMPIN PENDAPAT (OPINION LEADER); adalah orang tanpa jabatan formal dalam semua
sistem sosial, yang membimbing pendapat dan mempengaruhi orangorang dalam keputusan mereka.
7. KOSMOPOLIT; adalah orang bebas dari gagasan, prasangka, kecintaan lokal. Orang yg melakukan
kontak dg dunia luar/ di luar organisasi. Menghubungkan aggota organisasi dg orang & peristiwa diluar
struktur organisasi. Mereka adalah anggota organisasi yang banyak bepergian (duta) aktif dalam
organisasi profesional, membaca terbitan. Memiliki kontak dengan sumber-sumber di luar organisasi,
bertindak sebagai saluran bagi gagasan baru bagi organisasi.
PERAN & FUNGSI MASING-MASING KOMPONEN
• Anggota Klik: sebagai jantung sistem & bertindak sebagai tujuan akhir bagi kebanyakan pesan
• Penyendiri: sebagai pemberi tantangan pada sistem dan mencipta derajat ketidakpastian pada
efektifitas program penyebaran pesan.
• Jembatan: sebagai pemrosesan sentral informasi yg menyediakan hubungan langsung diantara klik-
klik yang berbeda.
• Penghubung :mengintegrasikan dan menjadi penghubung antarklik.
• Penjaga gawang :mengendalikan perpindahan pesan dan kontakkontak dengan tujuan meminimalkan
kelebihan beban komunikasi dan meningkatkan keefektifan.
• Pemimpin pendapat: melancarkan pembentukan & peruabahan sikap & membantu dalam
pengambilan keputusan informal.
• Kosmopolit :menghubungkan organisasi dg orang-orang dan gagasangasgasan baru dalam
lingkungan yang lebih besar.
Komunikasi Organisasi
• Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam
kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005).
• Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya
berorientasi kepentingan organisasi(ex. memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat
resmi).
• Komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada
organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.
Model dalam Komunikasi Organisasi
1. Model komunikasi linier (one-way communication),
– komunikator memberikan suatu stimuli dan komunikan melakukan respon tanpa mengadakan seleksi
dan interpretasi.
– Komunikasinya bersifat monolog.
2. Model komunikasi interaksional.
– sudah terjadi feedback atau umpan balik.
– Komunikasi yang berlangsung bersifat dua arah dan ada dialog, pada satu saat bertindak sebagai
komunikator, pada saat yang lain bertindak sebagai komunikan.
3. Model komunikasi transaksional.
– Pandangan ini menekankan bahwa semua perilaku adalah komunikatif. Tidak ada satupun yang tidak
dapat dikomunikasikan.
ARUS PESAN DAN FUNGSINYA DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI
1. Downward communication, : pada tataran manajemen mengirimkan pesan kepada bawahannya.
Fungsi :
a) Pemberian atau penyimpanan instruksi kerja (job instruction)
b) Penjelasan dari pimpinan tentang mengapa suatu tugas perlu untuk dilaksanakan (job rationale)
c) Penyampaian informasi mengenai peraturan-peraturan yang berlaku (procedures and practices)
d) Pemberian motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih baik.
2. Upward communication, à bawahan (subordinate) mengirim pesan kepada atasannya.
Fungsi :
a) Penyampaian informasi tentang pekerjaan ataupun tugas yang sudah dilaksanakan
b) Penyampaian informasi tentang persoalan-persoalan pekerjaan ataupun tugas yang tidak dapat
diselesaikan oleh bawahan
c) Penyampaian saran-saran perbaikan dari bawahan
d) Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya sendiri maupun pekerjaannya.
3. Horizontal communication,àberlangsung di antara para karyawan ataupun bagian yang memiliki
kedudukan yang setara.
Fungsi arus komunikasi horisontal ini adalah:
a) Memperbaiki koordinasi tugas
b) Upaya pemecahan masalah
c) Saling berbagi informasi
d) Upaya pemecahan konflik
e) Membina hubungan melalui kegiatan bersama.
Hambatan dalam Komunikasi Organisasi
• " Hambatan Teknis
• Keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi.
• Menurut Cruden dan Sherman dalam bukunya Personel Management, 1976, jenis hambatan teknis
dari komunikasi :
• # Tidak adanya rencana atau prosedur kerja yang jelas
• # Kurangnya informasi atau penjelasan
• # Kurangnya ketrampilan membaca
• # Pemilihan media [saluran] yang kurang tepat.
• " Hambatan Semantik
• Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara secara
efektif.
• Definisi semantik sebagai studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa.
• Kata-kata membantu proses pertukaran timbal balik arti dan pengertian [komunikator dan
komunikan], tetapi seringkali proses penafsirannya keliru.
• Untuk menghindari mis komunikasi semacam ini, seorang komunikator HARUS memilih kata-kata
yang tepat sesuai dengan karakteristikkomunikannya, dan melihat kemungkinan penafsiran terhadap
kata-kata yang dipakainya. Hambatan dalam Komunikasi Organisasi
• " Hambatan Manusiawi
• Terjadi karena adanya faktor, emosi dan prasangka pribadi, persepsi, kecakapan atau ketidakcakapan,
kemampuan atau ketidakmampuan alat-alatpancaindera seseorang, dll.
• Menurut Cruden dan Sherman :
• # Hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia.
• Perbedaan persepsi, perbedaan umur, perbedaan keadaan emosi, ketrampilan mendengarkan,
• perbedaan status, pencairan informasi, penyaringan informasi.
• # Hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi.
• Suasana iklim kerja dapat mempengaruhi sikap dan perilaku staf dan
efektifitas komunikasi organisasi.
Hadir_Fauzan Ananda H_202353001
BalasHapusHadir_Zilla Amartya_182350068
BalasHapusHADIR
BalasHapushadir. Vashania Yudistira_182350077
BalasHapusHadir_Kharisma Saga Lyrananda_182350102
BalasHapusHadir_Nurharianna Siregar_182350075
BalasHapusHadir_Andre Kurnia Putra_182350089
BalasHapusRizki Anindya Daulay_182350062
BalasHapusHadir_Tri Rizki Ramadhani_182360073
BalasHapusHadir_Tri Rizki Ramadhani_182350073
BalasHapusM mahdi maulana lubis 182350154
BalasHapusHadir_Emma Yurispa Siregar_182350013_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Ermayani Sihombing_182350014_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Hanna Ritonga_182350012_IV-1 Pagi
BalasHapusDedy Rahmat Zalukhu_182350024
BalasHapusHadir_Rizky Ainul Prasetio_182350027
BalasHapusHADIR_Muhammad Fakhrul Rozi _192350176_4-1 Pagi
BalasHapusHadir_Ratih Ningtyas_182350030_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Muhammad Ramulia Siregar _182350034_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Meri Ananda_192350175
BalasHapusNurhayati_182350029
BalasHapusAldira afnur _ 192350163
BalasHapusSalamudin_182350055
BalasHapusHadir_Muhammad Fadli Fahreza_182350037_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Kevin Koseki Sibarani_182350041
BalasHapuswaalaikumsalam bu,
BalasHapusM. Fitra Abdillah_182350051
Muhammad Ridzky Pratama
BalasHapus182350046
Feriza Kholbi Amsyah Nst_182350036
BalasHapusAngga Ardiansyah_182350056
BalasHapusHadir_Tedy sanjaya_182350082_4-2 pagi
BalasHapusHadir_M.Reza Al Faiz Hsb_192350083_IV-2 Pagi
BalasHapusHadir_Budi Sahputra_192350060_IV-2 Pagi
BalasHapusHadir_M. Dimas Hariansyah_182350072_4.2 Pagi
BalasHapusHadir_Muhajir Lubis_182350064_4.2 pagi
BalasHapusHadir_Yurico Herman_192350067_IV-2 Pagi TI
BalasHapusHadir_ Fadhilah Mursyid_192350076_IV-2 Pagi TI
BalasHapusHadir_MHD.Husnul Khuluqi_192350079_IV.2 Pagi
BalasHapusMuhammad Fahri Ardiansyah_182350065
BalasHapusHadir_Ilham Rizki Fadhillah_192350086
BalasHapus