Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALIRAN KOMUNIKASI ORGANISASI (Pertemuan 7)

 ALIRAN KOMUNIKASI ORGANISASI


ALIRAN KOMUNIKASI ORGANISASI Adalah suatu proses dinamik dalam mana pesan-pesan  

secara tetap dan berkesinambungan diciptakan, ditampilkan dan dinterpretasikan yang hidup dan 

berkembang dalam sebuah organisasi. 

•  Aliran Komunikasi Organisasi berfungsi untuk mengetahui bagaimana informasi itu terdistribusikan 

kepada anggotaanggota organisasi, bagaimana pola-pola distribusinya dan bagaimana orang-orang 

terlibat dalam proses penyebaran informasi itu dalam sebuah organisasi. 

•  Aliran Komunikasi Organisasi berpengaruh terhadap efektifitas organisai baik dalam kaitannya 

dengan hubunganhubungan ataupun pula dalam pelaksanaan & pencapaian tujuan organisasi.


SIFAT ALIRAN INFORMASI


Guetzkow (1964), aliran informasi (penyebaran pesan) dalam organisasi dapat terjadi dalam tiga cara : 

1. SERENTAK,yaitu proses penyebaran informasi  (pesan) yang disampaikan secara bersamaan dalam 

suatu waktu  dengan objek sasaran yang banyak (lebih dari satu rang, bukan   proses diadik) 

Bentuk :Memo, Pertemuan, rapat (akbar), televisi, teleconference (penyampaian pesan bermedia). 

Keuntungan: cepat, mudah/dapat diakses pada saat bersamaan, berhubungan dengan banyak sasaran 

orang,  informasi terbuka, biasanya dipergunakan oleh organisasi besar. 

Kerugian : tidak dapat menyebarkan informasi yang sifatnya rahasia. Biasanyadigunakan oleh 

organisasi publik atau organisasi yang memiliki jaringan kerja yang luas.

2. BERURUTAN : yaitu proses penyebaran informasi/pesan   secara diadik (merupakan bentuk 

komunikasi yang utama,   Haney;1962). Dengan pola “siapa berbicara kepada siapa”.   Informasi 

disampaikan secara berurutan dari satu orang ke   orang lain secara tidak bersamaan. 

Bentuk :komunikasi antarpersonal, model jaringan sel. 

Keuntungan :menjamin kerahasiaan informasi, lebih mendekatkan hubungan antar anggota. 

Kerugian : lambat, memungkinkan terjadinya bias / distorsi informasi (multi persepsi/interpretasi). 

Biasanya sangat efektif untuk organisasi yang bersifat politis, ideologis, rahasia, militer. Ataupun pula 

untuk suatu kebijakan organisasi yang sifatnya tertutup / rahasia/ strategis. untuk itu dibutuhkan 

kemampuan akurasi penyampaian pesan, daya ingat yang baik dan disiplin yang tinggi. 

3. SERENTAK – BERURUTAN ;yaitu kombinasi kedua pola aliran yang telah disebutkan sebelumnya.


POLA ALIRAN INFORMASI


1.  POLA RODA :adalah pola yang mengarahkan seluruh   informasi kepada individu yang menduduki 

posisi sentral. Orang dalam posisi sentral menerima kontak dan informasi   dan memecahkan masalah 

dengan saran / persetujuan   anggota lainnya.

2. POLA LINGKARAN :semua anggota berkomunikasi satu  sama lainnya hanya melalui sejenis 

sistem pengulangan. Tidak seorangpun yang dapat berhubungan langsung  dengan semua anggota 

lainnya, demikian pula tidak ada anggota yang memiliki akses langsung terhadap seluruh informasi 

yang diperlukan untuk memecahkan persoalan.


PENGARUH DUA POLA ALIRAN


PERANAN JARINGAN KERJA KOMUNIKASI

•  KOMPONEN DALAM JARINGAN : 

1.  ANGGOTA KLIK, Klik adalah kelompok individu yang paling sedikit/ separuh dari kontaknya merupakan hubungan dengan anggota-anggota lainnya. 

CIRI-CIRI KLIK : 

Klik terjadi melalui interaksi dengan orang-orang yang dapat mereka lihat. (Sommer, 1969). Klik 

terdiri dari individu-individu yang  keadaan sekelilingnya memungkinkan kontak antar individu, saling 

menyukai & merasa amat puas dg kontak tsb. Kebanyakan klik relatif akrab satu dg lainnya dalam  

hierarkhi formal organisasi. Ini menunjukkan kemiripan sistem  komunikasi formal dengan sistem 

komunikasi informal (Rogers & AgarwalaRogers).  Syarat anggota klik bahwa individu-individu harus 

mampu melakukan kontak satu sama lainnya, bahkan dengan cara tidak langsung.

2. PENYENDIRI, adalah mereka yang hanya melakukan sedikit atau sama sekali tidak mengadakan 

kontak dengan anggota kelompok lainnya. Bisa jadi seseorang menjadi penyendiri untuk tema-tema  

pesan tertentu (yang mungkin tidak dia sukai atau tidak   berhubungan dengan bidang tugasnya) namun 

menjadi   anggota klik sentral bila pesan-pesannya berhubungan   dengan bidang tugasnya. 

Sifat-sifat penyendiri (Goldhaber;1979) : 

1. Kurang aman dlm konsep diri mereka. 

2. Kurang termotivasi oleh cita-cita. 

3. Kurang bersedia untuk berinteraksi dg orang lain. 

4. Lebih muda dan kurang berpengalaman dalam sistem. 

5. Lebih jarang menduduki posisi yang kuat dalam organisasi 

6. Lebih cenderung menahan daripada melancarkan aliran informasi. 

7. Relatif lebih tidak puas dengan sistem (golput) 

8. Beranggapan bahwa sistem komunikasi tertutup bagi mereka.


3. JEMBATAN ;adalah anggota klik yang memiliki sejumlah   kontak yang menonjol dalam kontak 

antar kelompok, juga menjalin kontak dengan anggota klik lain. Sebuah jumbatan berlaku sebagai 

pengontak langsung antara dua kelompok pegawai. 

4. PENGHUBUNG ;adalah orang yang mengaitkan atau menghubungkan dua klik atau lebih tetapi ia 

bukan anggota salah satu kelompok yang dihubungkan tersebut. (tekanannya bukan anggota klik dalam 

kelompk atau orang luar sama sekali) 

5. GATE KEEPER;adalah orang yang secara strategis ditempatkan dalam jaringan agar dapat  

 melakukan pengndalian atas pesan apa yang akan disebarkan melalui sistem tersebut. 

6. PEMIMPIN PENDAPAT (OPINION LEADER); adalah orang tanpa jabatan formal dalam semua 

sistem sosial, yang membimbing pendapat dan mempengaruhi orangorang dalam keputusan mereka. 

7. KOSMOPOLIT; adalah orang bebas dari gagasan, prasangka, kecintaan lokal. Orang yg melakukan 

kontak dg dunia luar/ di luar organisasi. Menghubungkan aggota organisasi dg orang & peristiwa diluar 

struktur organisasi. Mereka adalah anggota organisasi yang banyak bepergian (duta) aktif dalam 

organisasi profesional, membaca terbitan. Memiliki kontak dengan sumber-sumber di luar organisasi, 

bertindak sebagai saluran bagi gagasan baru bagi organisasi. 

PERAN & FUNGSI MASING-MASING KOMPONEN

•  Anggota Klik: sebagai jantung sistem & bertindak sebagai tujuan akhir bagi kebanyakan pesan 

•  Penyendiri: sebagai pemberi tantangan pada sistem dan mencipta derajat ketidakpastian pada 

    efektifitas program penyebaran pesan. 

•  Jembatan: sebagai pemrosesan sentral informasi yg menyediakan hubungan langsung diantara klik-

    klik yang berbeda. 

•  Penghubung :mengintegrasikan dan menjadi penghubung antarklik. 

•  Penjaga gawang :mengendalikan perpindahan pesan dan kontakkontak dengan tujuan meminimalkan 

    kelebihan beban komunikasi dan meningkatkan keefektifan. 

•  Pemimpin pendapat: melancarkan pembentukan & peruabahan sikap & membantu dalam 

    pengambilan keputusan informal. 

•  Kosmopolit :menghubungkan organisasi dg orang-orang dan gagasangasgasan baru dalam 

   lingkungan yang lebih besar.

Komunikasi Organisasi 

•  Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam 

    kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005).

•  Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya 

   berorientasi kepentingan organisasi(ex. memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat 

    resmi). 

•  Komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada 

    organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.

Model dalam Komunikasi Organisasi 

1. Model komunikasi linier (one-way communication), 

–  komunikator memberikan suatu stimuli dan komunikan melakukan respon tanpa mengadakan seleksi 

    dan interpretasi. 

–  Komunikasinya bersifat monolog. 

2. Model komunikasi interaksional. 

–  sudah terjadi feedback atau umpan balik. 

–  Komunikasi yang berlangsung bersifat dua arah dan ada dialog, pada satu saat bertindak sebagai 

    komunikator, pada saat yang lain bertindak sebagai komunikan. 

3. Model komunikasi transaksional. 

–  Pandangan ini menekankan bahwa semua perilaku adalah komunikatif. Tidak ada satupun yang tidak 

     dapat dikomunikasikan. 

ARUS PESAN DAN FUNGSINYA DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI 

1. Downward communication, : pada tataran manajemen mengirimkan pesan kepada bawahannya. 

Fungsi :

a) Pemberian atau penyimpanan instruksi kerja (job instruction)

b) Penjelasan dari pimpinan tentang mengapa suatu tugas perlu untuk dilaksanakan (job rationale)

c) Penyampaian informasi mengenai peraturan-peraturan yang berlaku (procedures and practices)

d) Pemberian motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih baik.

2. Upward communication, à bawahan (subordinate) mengirim pesan kepada atasannya. 

Fungsi :

a) Penyampaian informasi tentang pekerjaan ataupun tugas yang sudah dilaksanakan

b) Penyampaian informasi tentang persoalan-persoalan pekerjaan ataupun tugas yang tidak dapat 

     diselesaikan oleh bawahan

c) Penyampaian saran-saran perbaikan dari bawahan

d) Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya sendiri maupun pekerjaannya.

3. Horizontal communication,àberlangsung di antara para karyawan ataupun bagian yang memiliki 

kedudukan yang setara. 

Fungsi arus komunikasi horisontal ini adalah:

a) Memperbaiki koordinasi tugas

b) Upaya pemecahan masalah

c) Saling berbagi informasi 

d) Upaya pemecahan konflik 

e) Membina hubungan melalui kegiatan bersama.
 

Hambatan dalam Komunikasi Organisasi 


•  " Hambatan Teknis 

•  Keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi. 

•  Menurut Cruden dan Sherman dalam bukunya Personel Management, 1976, jenis hambatan teknis 

dari komunikasi : 

•  # Tidak adanya rencana atau prosedur kerja yang jelas 

•  # Kurangnya informasi atau penjelasan 

•  # Kurangnya ketrampilan membaca 

•  # Pemilihan media [saluran] yang kurang tepat. 
 
•  " Hambatan Semantik 

•  Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara secara 

    efektif. 

•  Definisi semantik sebagai studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. 

•  Kata-kata membantu proses pertukaran timbal balik arti dan pengertian [komunikator dan 

komunikan], tetapi seringkali proses penafsirannya keliru. 

•  Untuk menghindari mis komunikasi semacam ini, seorang komunikator HARUS memilih kata-kata 

yang tepat sesuai dengan karakteristikkomunikannya, dan melihat kemungkinan penafsiran terhadap 

kata-kata yang dipakainya. Hambatan dalam Komunikasi Organisasi 

•  " Hambatan Manusiawi 

•  Terjadi karena adanya faktor, emosi dan prasangka pribadi, persepsi, kecakapan atau ketidakcakapan, 

kemampuan atau ketidakmampuan alat-alatpancaindera seseorang, dll. 

•  Menurut Cruden dan Sherman : 

•  # Hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia. 

•  Perbedaan persepsi, perbedaan umur, perbedaan keadaan emosi, ketrampilan mendengarkan, 

•  perbedaan status, pencairan informasi, penyaringan informasi. 

•  # Hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi. 

•  Suasana iklim kerja dapat mempengaruhi sikap dan perilaku staf dan 

efektifitas komunikasi organisasi.


39 komentar untuk "ALIRAN KOMUNIKASI ORGANISASI (Pertemuan 7)"

  1. hadir. Vashania Yudistira_182350077

    BalasHapus
  2. Hadir_Kharisma Saga Lyrananda_182350102

    BalasHapus
  3. Hadir_Andre Kurnia Putra_182350089

    BalasHapus
  4. Hadir_Tri Rizki Ramadhani_182360073

    BalasHapus
  5. Hadir_Tri Rizki Ramadhani_182350073

    BalasHapus
  6. M mahdi maulana lubis 182350154

    BalasHapus
  7. Hadir_Emma Yurispa Siregar_182350013_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  8. Hadir_Ermayani Sihombing_182350014_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  9. Hadir_Hanna Ritonga_182350012_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  10. HADIR_Muhammad Fakhrul Rozi _192350176_4-1 Pagi

    BalasHapus
  11. Hadir_Ratih Ningtyas_182350030_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  12. Hadir_Muhammad Ramulia Siregar _182350034_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  13. Hadir_Muhammad Fadli Fahreza_182350037_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  14. waalaikumsalam bu,
    M. Fitra Abdillah_182350051

    BalasHapus
  15. Muhammad Ridzky Pratama
    182350046

    BalasHapus
  16. Feriza Kholbi Amsyah Nst_182350036

    BalasHapus
  17. Hadir_Tedy sanjaya_182350082_4-2 pagi

    BalasHapus
  18. Hadir_M.Reza Al Faiz Hsb_192350083_IV-2 Pagi

    BalasHapus
  19. Hadir_Budi Sahputra_192350060_IV-2 Pagi

    BalasHapus
  20. Hadir_M. Dimas Hariansyah_182350072_4.2 Pagi

    BalasHapus
  21. Hadir_Muhajir Lubis_182350064_4.2 pagi

    BalasHapus
  22. Hadir_Yurico Herman_192350067_IV-2 Pagi TI

    BalasHapus
  23. Hadir_ Fadhilah Mursyid_192350076_IV-2 Pagi TI

    BalasHapus
  24. Hadir_MHD.Husnul Khuluqi_192350079_IV.2 Pagi

    BalasHapus
  25. Hadir_Ilham Rizki Fadhillah_192350086

    BalasHapus