Manfaat Otomatisasi Perkantoran
Manfaat Otomatisasi Perkantoran
Timbulnya gagasan otomatisasi perkantoran karena timbulnya gagasan otomasi perkantoran
karena sebagian dari waktu kerja pegawai habis untuk melakukan hal-hal yang tidak
produktif, antara lain: banyaknya staf yang menghabiskan waktunya dengan membuka arsip
dokumen, untuk mencari bahan yang diperlukan, para sekretaris atau tenaga administrasi sangat sibuk
dengan tugas administratifnya. Hal-hal tersebut dari sudut efisiensi kerja sangat merugikan. Dengan
adanya otomasi perkantoran, peran tradisional para manajemen tingkat menengah berubah secara
drastis. Fasilitas dari otomasi perkantoran meliputi berbagai jenis komputer dari mulai komputer besar
sampai komputer pribadi melalui jaringan komunikasi dengan mesin facsimile dan pencetak,
pengolahan kata, arsip elektronik, surat elektronik, pengaturan jadwal rapat otomatis, sistem informasi
manajemen, dan pemrograman.
Otomasi kantor, contohnya seperti pada perindustrian pabrik yang sistemnya hanya ditempatkan
pada pusat pengendalian perusahaan.Pemanfaatan komputer akan mengubah baik jenis pekerjaan
maupun tata cara penanganannya (struktur manajemen dan karyawan). Otomatisasi Perkantoran juga
memberikan manfaat pada Service Professions (Profesi Pelayanan). Disini termasuk pelayanan
medis, pendidikan, hukum dan jasa, dan salah satunya yaitu Pelayanan medis. Peralatan berbasis
komputer akan meningkatkan kemampuan penyimpanan data medis, analisis kasus, pengolahan citra
medis dan sistem pembayaran.rofesi pelayanan disini termasuk pelayanan medis, pendidikan,
hukum dan jasa. Peralatan berbasis komputer akan meningkatkan kemampuan penyimpanan data
medis, analisis kasus, pengolahan citra medis dan sistem pembayaran. Pada bidang profesi
pelayanan kendali terpusat di tempatkan pada administrasi pelayanan yang melayani segala
keperluan masyarakat, contohnya pada pelayanan pasien di Rumah Sakit. Dalam profesi
pelayanan pada Perekam Medis mampu berkolaborasi inter dan intra profesi yang terkait dalam
pelayanan kesehatan. Mengikuti berbagai kegiatan sosialisasi antar profesi kesehatan, non
kesehatan dan antar organisasi yang berkaitan dengan profesi, memberikan informasi database
dengan efisien dan efektif, Mengidentifikasi kebutuhan informasi bagi pelanggan baik internal
dan ekternal, melakukan komunikasi dengan teknologi mutakhir (internet, e-mail, fax, dll),
melaksanakan negosiasi dan advokasi tentang pelayanan MIK/rekam medis, memberikan konsultasi
dalam pengelolaan informasi kesehatan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya,
menjalin kerjasama dengan bagian Sistem Informasi RS dalam pengembangan teknologi baru.
Dalam profesi pelayanan dalam medis, isu-isu berkenaan dengan hubungan yang berbeda
dimana dokter juga terlibat, namun sebagai intinya tetap selalu merupakan hubungan pasien-dokter.
Hubungan ini adanya seperti terpaksa karena keterbatasan sumber dan faktor-faktor yang lain,
yang menunjukkan perlunya penguatan ikatan tersebut melalui praktek etika. Maka pada setiap
pembicaraan etika kedokteran maka yang menjadi intinya adalah pasien. Sebagian besar ikatan dokter
menyadari bahwa di dalam kebijakan-kebijakan pokoknya, secara etis, kepentingan terbaik dari
pasienlah yang menjadi pertimbangan pertama dari setiap keputusan yang diambil dalam perawatan.
Dalam dunia pendidikan yang menerapkan pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan
rangkaian elektronik (LAN, Internet dan lainnya) untuk menyampaikan isi materi yang
diajarkan. Komputer, internet, intranet, satelit, tape/video, TV interaktif dan CD ROM adalah
bagian media elektronik yang dimaksudkan dalam kategori ini. Untuk itu peranan guru sangat
dibutuhkan demi keseimbangan penguasaan dan pengemasan informasi yang bakal dihadapkan
dan disajikan kepada siswanya.
Otomatisasi Perkantoran dalam Home Information System (Sistem Informasi Perumahan)
sangat bermanfaat. Sistem teletext atau videotext telah mulai melayani kebutuhan informasi
perumahan. Akses ke jenis layanan ini dapat dilakukan melalui komputer pribadiatau pesawat
televisi dengan memanfaatkan jalur telekomunikasi seperti pelayanan perbankan, pemesanan
tiket, materi pendidikan, informasi harga dan sebagainya. Perumahan adalah kelompok rumah
yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi
dengan prasarana dan sarana lingkungan. Sedangkan Permukiman adalah bagian dari lingkungan
hidup di luar kawasan lindung baik yang berupa kawasan perkotaan, maupun perdesaan yang
berfungsi sebagai lingkungan tempat, Dengan adanya otomasi perkantoran, peran tradisional para
manajemen tingkat menengah berubah secara drastis. Hal ini disebabkan karena pimpinan perusahaan
mendapatkan laporan/informasi langsung melalui komputertinggal atau lingkungan hunian dan
tempat kegiatan yang mendukung perikehidupan dan penghidupan.
Nama : Rizqii auliaa
BalasHapusKelas : X OTKP 3
Nama : Rizqii auliaa
BalasHapusKelas : X OTKP 3