Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Otomatisasi Perkantoran

  Manfaat Otomatisasi Perkantoran

        Timbulnya  gagasan  otomatisasi  perkantoran  karena  timbulnya  gagasan  otomasi  perkantoran 

karena  sebagian  dari  waktu  kerja  pegawai  habis  untuk  melakukan  hal-hal  yang  tidak 

produktif, antara lain: banyaknya staf yang menghabiskan waktunya dengan membuka arsip 

dokumen, untuk mencari bahan yang diperlukan, para sekretaris atau tenaga administrasi sangat sibuk 

dengan tugas administratifnya. Hal-hal tersebut dari sudut efisiensi kerja sangat merugikan. Dengan 

adanya  otomasi  perkantoran,  peran  tradisional  para  manajemen  tingkat  menengah  berubah  secara 

drastis. Fasilitas dari otomasi perkantoran meliputi berbagai jenis komputer dari mulai komputer besar 

sampai  komputer  pribadi  melalui  jaringan  komunikasi  dengan  mesin  facsimile  dan  pencetak, 

pengolahan kata, arsip elektronik, surat elektronik, pengaturan jadwal rapat otomatis, sistem informasi 

manajemen, dan pemrograman.

        Otomasi kantor, contohnya seperti pada perindustrian pabrik yang sistemnya hanya ditempatkan 

pada pusat pengendalian perusahaan.Pemanfaatan  komputer  akan  mengubah  baik  jenis  pekerjaan 

maupun tata cara penanganannya (struktur manajemen dan karyawan). Otomatisasi Perkantoran juga  

memberikan  manfaat  pada Service  Professions (Profesi  Pelayanan).  Disini  termasuk  pelayanan 

medis,  pendidikan,  hukum  dan  jasa,  dan  salah satunya  yaitu  Pelayanan  medis.  Peralatan  berbasis 

komputer  akan  meningkatkan  kemampuan penyimpanan data medis, analisis kasus, pengolahan citra 

medis dan sistem pembayaran.rofesi  pelayanan  disini  termasuk  pelayanan  medis,  pendidikan,  

hukum  dan  jasa.  Peralatan berbasis  komputer  akan  meningkatkan  kemampuan  penyimpanan  data  

medis,  analisis  kasus, pengolahan  citra  medis  dan  sistem  pembayaran.  Pada  bidang  profesi  

pelayanan  kendali terpusat  di  tempatkan  pada  administrasi  pelayanan  yang  melayani  segala  

keperluan  masyarakat, contohnya  pada  pelayanan  pasien  di  Rumah  Sakit.  Dalam  profesi  

pelayanan  pada  Perekam  Medis mampu  berkolaborasi  inter  dan  intra  profesi  yang  terkait  dalam  

pelayanan  kesehatan.  Mengikuti berbagai  kegiatan  sosialisasi  antar  profesi  kesehatan,  non  

kesehatan  dan  antar  organisasi  yang berkaitan  dengan  profesi,  memberikan  informasi  database  

dengan  efisien  dan  efektif, Mengidentifikasi  kebutuhan  informasi  bagi  pelanggan  baik  internal  

dan  ekternal,  melakukan komunikasi  dengan  teknologi  mutakhir  (internet,  e-mail,  fax,  dll),  

melaksanakan  negosiasi  dan advokasi tentang pelayanan MIK/rekam medis, memberikan konsultasi 

dalam pengelolaan informasi kesehatan  sesuai  dengan  wewenang  dan  tanggung  jawabnya,  

menjalin  kerjasama  dengan  bagian Sistem  Informasi  RS  dalam  pengembangan  teknologi  baru.  

        Dalam  profesi  pelayanan  dalam  medis, isu-isu berkenaan dengan hubungan yang berbeda 

dimana dokter juga terlibat, namun sebagai intinya tetap  selalu  merupakan  hubungan  pasien-dokter.  

Hubungan  ini  adanya  seperti  terpaksa  karena keterbatasan  sumber  dan  faktor-faktor  yang  lain,  

yang  menunjukkan  perlunya  penguatan  ikatan tersebut melalui praktek etika. Maka pada setiap 

pembicaraan etika kedokteran maka yang menjadi intinya adalah pasien. Sebagian besar ikatan dokter 

menyadari bahwa di dalam kebijakan-kebijakan pokoknya,  secara  etis,  kepentingan  terbaik  dari  

pasienlah  yang  menjadi  pertimbangan  pertama  dari setiap keputusan yang diambil dalam perawatan. 


    Dalam  dunia  pendidikan  yang  menerapkan  pengajaran  dan  pembelajaran  yang  menggunakan 

rangkaian  elektronik  (LAN,  Internet  dan  lainnya)  untuk  menyampaikan  isi  materi  yang  

diajarkan. Komputer,  internet,  intranet,  satelit,  tape/video,  TV  interaktif  dan  CD  ROM  adalah  

bagian  media elektronik  yang  dimaksudkan  dalam  kategori  ini.  Untuk  itu  peranan  guru  sangat  

dibutuhkan  demi keseimbangan  penguasaan dan  pengemasan  informasi  yang  bakal  dihadapkan  

dan  disajikan  kepada siswanya. 

        Otomatisasi  Perkantoran  dalam  Home  Information  System  (Sistem  Informasi  Perumahan)  

sangat bermanfaat.  Sistem  teletext  atau  videotext  telah  mulai  melayani  kebutuhan  informasi  

perumahan. Akses  ke  jenis  layanan  ini  dapat  dilakukan  melalui  komputer  pribadiatau  pesawat  

televisi  dengan  memanfaatkan  jalur  telekomunikasi  seperti  pelayanan  perbankan, pemesanan  

tiket,  materi  pendidikan,  informasi  harga  dan  sebagainya.  Perumahan  adalah  kelompok rumah  

yang  berfungsi  sebagai  lingkungan  tempat  tinggal  atau  lingkungan  hunian  yang  dilengkapi 

dengan  prasarana  dan  sarana  lingkungan.  Sedangkan  Permukiman  adalah  bagian  dari  lingkungan 

hidup  di  luar  kawasan  lindung baik yang berupa kawasan perkotaan, maupun perdesaan yang 

berfungsi sebagai lingkungan tempat, Dengan adanya otomasi perkantoran, peran tradisional para 

manajemen tingkat menengah berubah secara drastis. Hal ini disebabkan karena pimpinan perusahaan 

mendapatkan laporan/informasi langsung melalui komputertinggal  atau  lingkungan  hunian  dan  

tempat  kegiatan  yang  mendukung  perikehidupan  dan penghidupan. 

2 komentar untuk "Manfaat Otomatisasi Perkantoran"