Dukungan dari Pengambilan Keputusan Perbedaan antara DSS dan ES
Dukungan dari Pengambilan Keputusan Perbedaan antara DSS dan ES:
Proses pengambilan keputusan:
Step A. Mengerti masalah (atau kesempatan yang ada). ES dapat membantu dalam mendesain alur informasi pada eksekutif (misalnya, bagaimana untuk memonitor, kapan) dan dalam penginterpretasian informasi. Disebabkan beberapa informasi bersifat fuzzy, maka kombinasi antara ES dan ANN tentu akan membantu. Seluruh area dari proses scanning, monitoring, forecasting (misalnya, tren) dan penginterpretasian sangat dibantu oleh adanya komputerisasi. Demikian juga natural language processors (NLP) akan berguna dalam menyimpulkan informasi.
Step B. Analisis. Sekali suatu masalah (kesempatan) teridentifikasi, pertanyaan selanjutnya adalah apa yang harus dikerjakan dengan hal ini? Di sinilah langkah analisis berperanan.Analisis bisa bersifat kualitatif atau pun kuantitatif (atau kombinasinya). Analisis kuantitatif didukung oleh DSS dan oleh tool-tool analisis kuantitatif. Analisis kualitatif didukung oleh ES.
Step C. Memilih. Pada langkah ini, keputusan dibuat dengan memperhatikan masalahnya (atau kesempatan) berdasarkan hasil dari analisis. Langkah ini didukung oleh DSS (jika pengambil keputusan adalah seseorang) atau oleh GDSS (jika keputusan dibuat oleh sekelompok orang).
Step D. Implementasi. Pada tahap ini, keputusan untuk mengimplementasikan solusi tertentu dilakukan, dan DSS dan/atau ES bisa mendukung tahap ini. Di bawah ini terlihat dukungan terkomputerisasi untuk proses pengambilan keputusan:
Hybrid Support Systems
Tujuan dari Computer-Based Information System (CBIS) adalah untuk membantu manajemen dalam memanajemen penyelesaian atau mengorganisasi masalah lebih cepat dan baik daripada tanpa menggunakan komputer. Kata kuncinya adalah solusi yang tepat dari manajemen permasalahan, dan bukannya tool atau teknik yang digunakan dalam proses. Beberapa pendekatan yang mungkin: Gunakan setiap tool dengan caranya sendiri-sendiri untuk menyelesaikan aspek yang berbeda dari suatu masalah. Gunakan pelbagai tool yang tidak begitu terintegrasi. Gunakan pelbagai tool yang secara kuat terintegrasi. Dalam hal ini tool-tool akan berlaku sebagai sistem hybrid/persilangan ke user, dimana transfer dari data dan aktivitas lain diprogram ke dalam MSS yang terintegrasi.
Computer-Based Information Systems (CBIS)
CBI S di Departemen Personalia:
- Perkembangan komputer demikian cepatnya dan juga penggunaannya oleh para manajer. MSS adalah keluarga teknologi yang dapat digunakan secara mandiri atau dalam bentuk kombinasinya.
- Dukungan terkomputerisasi untuk para manajer sangat penting dalam pelbagai kasus untuk kelanjutan organisasinya.
- Manejemen pengambilan keputusan makin lama makin kompleks. Maka metode intuisi dan trial and error tak tepat lagi.
- Kerangka dukungan keputusan membagi kondisi keputusan dalam kategori, tergantung pada derajat struktur dan aktivitas manajerial. Setiap kategori mendapat dukungan komputer sendiri-sendiri.
- Keputusan yang terstruktur didukung oleh metode analisis kuantitatif seperti: management science dan capital budgeting.
- DSS adalah teknologi analitis yang menggunakan model untuk solusi yang semi terstruktur dan masalah-masalah tak terstruktur.
- Group DSS adalah teknologi yang mendukung proses pengambilan keputusan dalam suatu group. EIS adalah teknologi yang mendukung eksekutif dengan menyediakan bagi mereka informasi yang sedia setiap saat, detil, dan mudah untuk divisualisasikan.
- ES adalah sistem pemberi nasehat yang mencoba menirukan para pakar. Fitur utama dari ES adalah aplikasinya untuk pengetahuan dan penggunaan reasoning (alasan suatu keputusan).
- Komputasi saraf (neural computing) adalah teknologi yang mencoba menampilkan proses pembelajaran dan pengenalan pola. Semua teknologi MSS adalah interaktif.
- Keuntungan utama dari MSS adalah ia dapat diukur. Teknologi-teknologi MSS dapat diintegrasikan diantara mereka sendiri dan dengan CBI S yang lain.
- Teknologi-teknologi MSS dapat diterapkan pada satu lokasi atau mereka dapat didistribusikan di keseluruhan perusahaan.
Hadir_Fernanda Marsyah Akbar_192350012_III.1 PAGI
BalasHapusHadir_Meri Ananda_192350175
BalasHapusHadir_Budi Sahputra_192350060_IV-5 Pagi
BalasHapusHadir_Muhammad Fakhrul Rozi_192350176_4-5 Pagi
BalasHapusHadir_Sara Natasa_192350032_3.1 pagi T.I
BalasHapusHadir_Fadhilah Mursyid_192350076_IV-5 Pagi TI
BalasHapusNovita Indriani_III-1 Pagi,T.Informatika_192350037_HADIR
BalasHapusLastri Pratiwi_192350096
BalasHapusEliza novita sari _ 192353003
BalasHapusHADIR_JoniPutra_182350266
BalasHapusHadir_M.Reza Al Faiz Hsb_192350083_IV-5 Pagi
BalasHapusAldira afnur _ 192350163
BalasHapusHadir_192350079_MHD.Husnul Khuluqi_IV.2 Pagi
BalasHapusHadir_Nurul Fajrina_192350008_3-1 Pagi Teknik Informatika
BalasHapusHadir_Hermayanti(192350017) _3.1 pagi T. Informatika
BalasHapusHadir_Fikriyansyah_192350009_T.informatika 3 - 1 pagi
BalasHapusHadir_Yurico Herman_192350067_IV-5 Pagi
BalasHapusHadir_Fadhilah Mursyid_192350076_IV-5 Pagi TI
BalasHapusHadir_Bima Hamdhika Irfy_192350043_TI 4.5 Pagi
BalasHapusIlham Rizki Fadhillah_192350086
BalasHapusReza irfan_192350011_3-1 pagi_HADIR
BalasHapus