SISTEM INFORMASI PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK)
SISTEM INFORMASI PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK)
A. Pengertian
Sistem Pendukung Keputusan merupakan suatu sistem interaktif yang mendukung keputusan dalam proses pengambilan keputusan melalui alternatif – alternatif yang diperoleh dari hasil pengolahan data, informasi dan rancangan model.
Sistem Pendukung Keputusan (DecisionSupport Systems = DSS) adalah suatu sistem informasi yang menggunakan model-model keputusan, basis data, dan pemikiran manajer sendiri, proses modeling interaktif dengan komputer untuk mencapai pengambilan keputusan oleh manajer tertentu.
Menurut Keen dan Scoot Morton, sistem Pendukung Keputusan merupakan penggabungan sumber -sumber kecerdasan individu dengan kemampuan komponen untuk memperbaiki kualitas keputusan. Sistem Pendukung Keputusan juga merupakan sistem informasi berbasis komputer untuk manajemen pengambilan keputusan yang menangani masalah -masalah semi struktur. Menurut Alter, DSS merupakan system informasi intraktif yang menyediakan informasi, pemodelan dan manipulasi data. Sistem digunakan untuk membantu mengambil keputusan dalam situasi yang semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tidak seorangpun mengetahui secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.
Dengan pengertian diatas dapat dijelaskan bahwa sistem pendukung keputusan bukan merupakan alat pengambilan keputusan, melainkan merupakan sistem yang membantu pengambil keputusan yang melengkapi mereka dengan informasi dari data yang telah diolah dengan relevan dan diperlukan untuk membuat keputusan tentang suatu masalah dengan lebih cepat dan akurat. Sehingga sistem ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan pengambilan keputusan dalam proses pembuatan keputusan.
B. Nilai Guna dan Karakteristik Sistem Pendukung Keputusan
Pada dasarnya SPK ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari sistem managemen Terkomputerisasi, yang dirancang sedemikian rupa sehingga bersifat interaktif dengan pemakainya. Sifat interaktif ini dimaksudkan untuk mempermudah integrasi antar berbagai komponen dalam proses pengambilan keputusan, seperti prosedur, kebijakan, teknis analisis, serta pengalaman dan wawasan manajerial guna membentuk suatu kerangka keputusan yang bersifat fleksibel (Suryadi dan Ramdhani,1998)
Menurut Turban (2005), Tujuan dari DSS adalah sebagai berikut:
1) Membantu dalam pengambilan keputusan atas masalah yang terstruktur
2) memeberikan dukungan atas pertimbangan managerial dan bukannya dimaksudkan untuk menganti fungsi manager.
3) Meningkatkan efektivitas keputusan yang diambil daripada perbaikan efisiensinya.
4) Kecepatan komputasi
5) Meningkatkan produktifitas
6) Dukungan kualitas
7) Berdaya saing
8) Mengatasi keterbatasan koognitif dalam pemrosesan dan penyimpanan
Ciri-ciri SPK yang dirumuskan Kusrini (2007) adalah sebagai berikut:
1) SPK ditujukan untuk membantu keputusan-keputusan yang kurang terstruktur
2) SPK merupakan gabungan antara kumpulan modal kualitatif dan kumpulan data
3) SPK bersifat luwes dan dapat menyesuaikan dengan perubahanperubahan yang terjadi.
Beberapa karakteristik yang membedakan sistem pendukung keputusan dengan sistem informasi lain adalah sebagai berikut:
1) Sistem pendukung keputusan dirancang untuk mambantu pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah yang bersifat semi terstruktur atau tidak terstruktur dengan menambahkan kebijaksaanaan manusia dan informasi komuterisasi
2) Proses pengolahanya, sistem pendukung keputusan mengkombinasikan model-model analisis dengan teknik pemasukan data konvensional
3) Sistem pendukung keputusan dapat digunakan atau dioperasikan dengan mudah oleh orang-orang yang tidak memiliki dasar kemampuan mengoperasikan computer tingkat tinggi. Pendekatan yang digunakan biasanya model interaktif.
4) Sistem pendukung keputusan biasanya digunakan untuk menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi sehingga mudah disesuaikan dengan berbagai perubah lingkungan yang terjadi dan kebutuhan pengguna
Sistem pendukung keputusan member manfaat atau keuntungan bagi pemakainya . keuntungan yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1) Sistem pendukung keputusan memeperluas kemampuan mengambil keputusan dalam memproses data/ informasi bagi pemakainya
2) Sistem pendukung keputusan memebantu pengambilan keputusan dalam hal penghematan waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah terutama berbagai masalah yang sangat kompleks dan tidak terstruktur
3) Sistem pendukung keputusan dapat menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan
4) Walaupun suatu sistem pendukung keputusan, mungkin saja tidak mampu memecahkan maasalaj yang dihadapi oleh pengambil keputusan, namun ia dapat menjadi stimulant bagi pengambil keputusan dalam memahami persoalannya. Hal ini dikarenakan si alternatifistem pendukung keputusan mampu menyajikan berbag
C. Contoh Aplikasi SPK (DSS)
Institutional DSS: Perancangan strategi perusahaan
Ad hoc DSS: untuk masalah institusi tertentu
Industrial DSS: airline DSS, Real Estate DSS
GIS (Geographic Informational System) adalah DSS yang mendukung keputusan mencakup distribusi geografis dari sumberdaya.
D. Komponen Penyusun SPK
Suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) memiliki tiga sub sistem utama yang menentukan kapabilitas teknis sistem pendukung keputusan, antara lain :
1. Subsistem Manajemen Basis data
2. Subsistem Manajemen Basis Model
3. Subsistem Dialog
Subsistem Manajemen Basis Data
Subsistem data merupakan bagian yang menyediakan data – data yang dibutuhkan oleh Base management Subsystem (DBMS). DBMS sendiri merupakan susbsistem data yang terorganisasi dalam suatu basis data. Data – data yang merupakan dalam suatu Sistem Pendukung Keputusan dapat berasal dari luar lingkungan. Keputusan pada manajemen level atas seringkali harus memanfaatkan data dan informasi yang bersumber dari luar perusahaan.
Kemampuan subsistem data yang diperlukan dalam suatu Sistem Pendukung Keputusan, antara lain :
a. Mampu mengkombinasikan sumber – sumber data yang relevan melalui proses ekstraksi data
b. Mampu menambah dan menghapus secara cepat dan mudah
c. Mampu menangani data personal dan non ofisial, sehingga user dapat bereksperimen dengan berbagai alternatif keputusan
d. Mampu mengolah data yang bervariasi dengan fungsi manajemen data yang luas
Subsistem Manajemen Model
Subsistem model dalam Sistem Pendukung Keputusan memungkinkan pengambil keputusan menganalisa secara utuh dengan mengembangkan dan membandingkan alternative solusi. Intergrasi model – model dalam Sistem Informasi Manajemen yang berdasarkan integrasi data – data dari lapangan menjadi suatu Sistem Pendukung Keputusan.
Kemampuan subsistem model dalam Sistem Pendukung Keputusan antara lain:
1. Mampu menciptakan model – model baru dengan cepat dan mudah
2. Mampu mengkatalogkan dan mengelola model untuk mendukung semua tingkat pemakai
3. Mampu menghubungkan model – model dengan basis data melalui hubungan yang sesuai
4. Mampu mengelola basis model dengan fungsi manajemen yang analog dengan database manajemen
Subsistem Dialog
Subsistem dialog merupakan bagian dari Sistem Pendukung Keputusan yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan representasi dan mekanisme control selama proses analisa dalam Sistem Pendukung Keputusan ditentukan dari kemampuan berinteraksi anatara sistem yang terpasang dengan user. Pemakai terminal dan sistem perangkat lunak merupakan komponen – komponen yang terlibat dalam susbsistem dialog yang mewujudkan komunikasi anatara user dengan sistem tersebut.
Komponen dialog menampilkan keluaran sistem bagi pemakai dan menerima masukkan dari pemakai ke dalam Sistem Pendukung Keputusan. Adapun subsistem dialog dibagi menjadi tiga, antara lain :
1. Bahasa Aksi (The Action Language) Merupakan tindakan – tindakan yang dilakukan user dalam usaha untuk membangun komunikasi dengan sistem. Tindakan yang dilakukan oleh user untuk menjalankan dan mengontrol sistem tersebut tergantung rancangan sistem yang ada.
2. Bahasa Tampilan (The Display or Presentation Langauage) Merupakan keluaran yang dihasilakn oleh suatu Sistem Pendukung Keputusan dalam bentuk tampilan – tampilan akan memudahkan user untuk mengetahui keluaran sistem terhadap masukan – masukan yang telah dilakukan.
3. Bahasa Pengetahuan (Knowledge Base Language) Meliputi pengetahuan yang harus dimiliki user tentang keputusan dan tentang prosedur pemakaian Sistem Pendukung Keputusan agar sistem dapat digunakan secara efektif. Pemahaman user terhadap permasalahan yang dihadapi dilakukan diluar sistem, sebelum user menggunakan sistem untuk mengambil keputusan.
E. Contoh Software
PC/ FOCUS
IFSP Personal
Hallos
Gantia
Decision-Web
F. Tingkat Teknologi Dalam Sistem pendukung Keputusan
Dalam Sistem Pendukung Keputusan terdapat tiga keputusan tingkatan perangkat keras maupun lunak. Masing – masing tingkatan berdasarkan tingkatan kemampuan 7 berdasarkan perbedaan tingkat teknik, lingkungan dan tugas yang akan dikerjakan. Ketiga tingkatan tersebut adalah :
1) Sistem Pendukung Keputusan (Specific DSS)
2) Pembangkit Sistem Pendukung Keputusan (DSS Generatorr)
3) Peralatan Sistem Pendukung Keputusan (DSS Tools)
Hadir_Triki Ekawan_192350005_3.1 pagi
BalasHapusHadir_Sara Natasa_192350032_2.1 pagi
BalasHapusHadir_MHD.Husnul Khuluqi_192350079_III.2 Pagi
BalasHapusHadir_Muhammad Fakhrul Rozi_192350176_4-5Pagi
BalasHapusHadir_aldira afnur_192350163_2-4 pagi
BalasHapusHadir_M.Reza Al Faiz Hsb_192350083_III.2 Pagi
BalasHapusHadir_Febri Alfiani Putri Hrp_192350088_III.2 Tekni Informatika(pagi)
BalasHapusHadir_Meri Ananda_192350175_IV-5 pagi
BalasHapusHadir_Hermayanti_192350017_3.1 pagi T. Informatika
BalasHapusHadir_Fernanda Marsyah Akbar_192350012_III.1 PAGI
BalasHapusHadir _ Fikriyansyah_ 192350009_ T.i 3 - 1 pagi
BalasHapusHadir_eliza novita sari_192353003_IV-5
BalasHapusHadir_khairul sani_192350056_III.2 pagiT.Informatika
BalasHapusHadir_Ilham Rizki Fadhillah_192350086_III.2 Pagi T.Informatika
BalasHapusHadir_Yurico Herman_192350067_II-2 pagi
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHadir_Sara Natasa_192350032_3.1 pagi
BalasHapusHadir_chyntia_192350007_3-1 pagi
BalasHapusHadir_Muhammad Arief_192350039_TI 3.1 Pagi
BalasHapus17350049_Muhammad Arid
BalasHapusHadir_Bima Hamdhika Irfy_192350043_TI 3.1 Pagi
BalasHapus17350049_Muhammad arif
BalasHapusHadir_Nurul Fajrina_192350008_2.1 Pagi
BalasHapushadir_muhammad al adib_192350080_TI II.2 Pagi
BalasHapusHadir_Nurul Fajrina_192350008_3.1 Pagi
BalasHapusHadir_Fadhilah Mursyid_192350076_IV- 5 Pagi Teknik Informatika
BalasHapusHadir_Budi Sahputra_192350060_IV-5 Pagi
BalasHapusHadir_Mutiara Putri_192350073_III.2 Pagi
BalasHapusHadir_Reza irfan_192350011_3-1 Pagi
BalasHapusHadir_Miftahul husna_192350195_2-4 pagi
BalasHapusHadir_Muhammad andika_192350019
BalasHapusHadir_Mangara tua_192350030
BalasHapusHadir_Mangara Tua_192350030_3-1 Pagi T.I
BalasHapusHadir_M Abu Anas Hamzah_182350264
BalasHapusHadir_M Abu Anas Hamzah_182350264
BalasHapusHadir_Novita Indrie_192350037
BalasHapusHadir_Novita Indriani_192350037
BalasHapusHadir_Fadhilla Aulia Darmawan_192350045_III.2 pagi
BalasHapus