Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SISTEM INFORMASI PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK)

 SISTEM INFORMASI PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK)

A.         Pengertian

        Sistem Pendukung Keputusan merupakan suatu sistem interaktif yang mendukung keputusan dalam proses pengambilan keputusan melalui alternatif – alternatif yang diperoleh dari hasil pengolahan data, informasi dan rancangan model.

        Sistem Pendukung Keputusan (DecisionSupport Systems = DSS) adalah suatu sistem informasi yang menggunakan model-model keputusan, basis data, dan pemikiran manajer sendiri, proses modeling interaktif dengan komputer untuk mencapai pengambilan keputusan oleh manajer tertentu.

        Menurut Keen dan Scoot Morton, sistem Pendukung Keputusan merupakan penggabungan sumber -sumber kecerdasan individu dengan kemampuan komponen untuk memperbaiki kualitas keputusan. Sistem Pendukung Keputusan juga merupakan sistem informasi berbasis komputer untuk manajemen pengambilan keputusan yang menangani masalah -masalah semi struktur. Menurut Alter, DSS merupakan system informasi intraktif yang menyediakan informasi, pemodelan dan manipulasi data. Sistem digunakan untuk membantu mengambil keputusan dalam situasi yang semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tidak seorangpun mengetahui secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.

        Dengan pengertian diatas dapat dijelaskan bahwa sistem pendukung keputusan bukan merupakan alat pengambilan keputusan, melainkan merupakan sistem yang membantu pengambil keputusan yang melengkapi mereka dengan informasi dari data yang telah diolah dengan relevan dan diperlukan untuk membuat keputusan tentang suatu masalah dengan lebih cepat dan akurat. Sehingga sistem ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan pengambilan keputusan dalam proses pembuatan keputusan.

B. Nilai Guna dan Karakteristik Sistem Pendukung Keputusan

Pada dasarnya SPK ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari sistem managemen Terkomputerisasi, yang dirancang sedemikian rupa sehingga bersifat  interaktif dengan pemakainya. Sifat interaktif ini dimaksudkan untuk mempermudah integrasi antar berbagai komponen dalam proses pengambilan keputusan, seperti prosedur, kebijakan, teknis analisis, serta pengalaman dan wawasan manajerial guna membentuk suatu kerangka keputusan yang bersifat fleksibel (Suryadi dan Ramdhani,1998)

Menurut Turban (2005), Tujuan dari DSS adalah sebagai berikut:

1) Membantu dalam pengambilan keputusan atas masalah yang terstruktur

2) memeberikan dukungan atas pertimbangan managerial dan bukannya dimaksudkan untuk menganti fungsi manager.

3) Meningkatkan efektivitas keputusan yang diambil daripada perbaikan efisiensinya.

4) Kecepatan komputasi

5) Meningkatkan produktifitas

6) Dukungan kualitas

7) Berdaya saing

8) Mengatasi keterbatasan koognitif dalam pemrosesan dan penyimpanan


Ciri-ciri SPK yang dirumuskan Kusrini (2007) adalah sebagai berikut:

1) SPK ditujukan untuk membantu keputusan-keputusan yang kurang terstruktur

2) SPK merupakan gabungan antara kumpulan modal kualitatif dan kumpulan data

3) SPK bersifat luwes dan dapat menyesuaikan dengan perubahanperubahan yang terjadi.


        Beberapa karakteristik yang membedakan sistem pendukung keputusan dengan sistem informasi lain adalah sebagai berikut:

1) Sistem pendukung keputusan dirancang untuk mambantu pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah yang bersifat semi terstruktur atau tidak terstruktur dengan menambahkan kebijaksaanaan manusia dan informasi komuterisasi

2) Proses pengolahanya, sistem pendukung keputusan mengkombinasikan model-model analisis dengan teknik pemasukan data konvensional

3) Sistem pendukung keputusan dapat digunakan atau dioperasikan dengan mudah oleh orang-orang yang tidak memiliki dasar kemampuan mengoperasikan computer tingkat tinggi. Pendekatan yang digunakan biasanya model interaktif.

4) Sistem pendukung keputusan biasanya digunakan untuk menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi sehingga mudah disesuaikan dengan berbagai perubah lingkungan yang terjadi dan kebutuhan pengguna

        Sistem pendukung keputusan member manfaat atau keuntungan bagi pemakainya . keuntungan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1) Sistem pendukung keputusan memeperluas kemampuan mengambil keputusan dalam memproses data/ informasi bagi pemakainya

2) Sistem pendukung keputusan memebantu pengambilan keputusan dalam hal penghematan waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah terutama berbagai masalah yang sangat kompleks dan tidak terstruktur

3) Sistem pendukung keputusan dapat menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan

4) Walaupun suatu sistem pendukung keputusan, mungkin saja tidak mampu memecahkan maasalaj yang dihadapi oleh pengambil keputusan, namun ia dapat menjadi stimulant bagi pengambil keputusan dalam memahami persoalannya. Hal ini dikarenakan si alternatifistem pendukung keputusan mampu menyajikan berbag

C. Contoh Aplikasi SPK (DSS)

 Institutional DSS: Perancangan strategi perusahaan

 Ad hoc DSS: untuk masalah institusi tertentu

 Industrial DSS: airline DSS, Real Estate DSS

 GIS (Geographic Informational System) adalah DSS yang mendukung keputusan mencakup distribusi geografis dari sumberdaya.


D. Komponen Penyusun SPK

Suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) memiliki tiga sub sistem utama yang menentukan kapabilitas teknis sistem pendukung keputusan, antara lain :

1. Subsistem Manajemen Basis data

2. Subsistem Manajemen Basis Model

3. Subsistem Dialog


Subsistem Manajemen Basis Data

        Subsistem data merupakan bagian yang menyediakan data – data yang dibutuhkan oleh Base management Subsystem (DBMS). DBMS sendiri merupakan susbsistem data yang terorganisasi dalam suatu basis data. Data – data yang merupakan dalam suatu Sistem Pendukung Keputusan dapat berasal dari luar lingkungan. Keputusan pada manajemen level atas seringkali harus memanfaatkan data dan informasi yang bersumber dari luar perusahaan. 

        Kemampuan subsistem data yang diperlukan dalam suatu Sistem Pendukung Keputusan, antara lain : 

a. Mampu mengkombinasikan sumber – sumber data yang relevan melalui proses ekstraksi data 

b. Mampu menambah dan menghapus secara cepat dan mudah 

c. Mampu menangani data personal dan non ofisial, sehingga user dapat bereksperimen dengan berbagai alternatif keputusan 

d. Mampu mengolah data yang bervariasi dengan fungsi manajemen data yang luas 


Subsistem Manajemen Model 

        Subsistem model dalam Sistem Pendukung Keputusan memungkinkan pengambil keputusan menganalisa secara utuh dengan mengembangkan dan membandingkan alternative solusi. Intergrasi model – model dalam Sistem Informasi Manajemen yang berdasarkan integrasi data – data dari lapangan menjadi suatu Sistem Pendukung Keputusan. 

        Kemampuan subsistem model dalam Sistem Pendukung Keputusan antara lain: 

1. Mampu menciptakan model – model baru dengan cepat dan mudah 

2. Mampu mengkatalogkan dan mengelola model untuk mendukung semua tingkat pemakai 

3. Mampu menghubungkan model – model dengan basis data melalui hubungan yang sesuai 

4. Mampu mengelola basis model dengan fungsi manajemen yang analog dengan database manajemen 


Subsistem Dialog 

        Subsistem dialog merupakan bagian dari Sistem Pendukung Keputusan yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan representasi dan mekanisme control selama proses analisa dalam Sistem Pendukung Keputusan ditentukan dari kemampuan berinteraksi anatara sistem yang terpasang dengan user. Pemakai terminal dan sistem perangkat lunak merupakan komponen – komponen yang terlibat dalam susbsistem dialog yang mewujudkan komunikasi anatara user dengan sistem tersebut. 

        Komponen dialog menampilkan keluaran sistem bagi pemakai dan menerima masukkan dari pemakai ke dalam Sistem Pendukung Keputusan. Adapun subsistem dialog dibagi menjadi tiga, antara lain : 

1. Bahasa Aksi (The Action Language) Merupakan tindakan – tindakan yang dilakukan user dalam usaha untuk membangun komunikasi dengan sistem. Tindakan yang dilakukan oleh user untuk menjalankan dan mengontrol sistem tersebut tergantung rancangan sistem yang ada. 

2. Bahasa Tampilan (The Display or Presentation Langauage) Merupakan keluaran yang dihasilakn oleh suatu Sistem Pendukung Keputusan dalam bentuk tampilan – tampilan akan memudahkan user untuk mengetahui keluaran sistem terhadap masukan – masukan yang telah dilakukan. 

3. Bahasa Pengetahuan (Knowledge Base Language) Meliputi pengetahuan yang harus dimiliki user tentang keputusan dan tentang prosedur pemakaian Sistem Pendukung Keputusan agar sistem dapat digunakan secara efektif. Pemahaman user terhadap permasalahan yang dihadapi dilakukan diluar sistem, sebelum user menggunakan sistem untuk mengambil keputusan. 

E. Contoh Software 

 PC/ FOCUS 

 IFSP Personal 

 Hallos 

 Gantia 

 Decision-Web 


F. Tingkat Teknologi Dalam Sistem pendukung Keputusan 

        Dalam Sistem Pendukung Keputusan terdapat tiga keputusan tingkatan perangkat keras maupun lunak. Masing – masing tingkatan berdasarkan tingkatan kemampuan 7 berdasarkan perbedaan tingkat teknik, lingkungan dan tugas yang akan dikerjakan. Ketiga tingkatan tersebut adalah : 

1) Sistem Pendukung Keputusan (Specific DSS) 

2) Pembangkit Sistem Pendukung Keputusan (DSS Generatorr) 

3) Peralatan Sistem Pendukung Keputusan (DSS Tools)

38 komentar untuk "SISTEM INFORMASI PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK)"

  1. Hadir_Triki Ekawan_192350005_3.1 pagi

    BalasHapus
  2. Hadir_Sara Natasa_192350032_2.1 pagi

    BalasHapus
  3. Hadir_MHD.Husnul Khuluqi_192350079_III.2 Pagi

    BalasHapus
  4. Hadir_Muhammad Fakhrul Rozi_192350176_4-5Pagi

    BalasHapus
  5. Hadir_aldira afnur_192350163_2-4 pagi

    BalasHapus
  6. Hadir_M.Reza Al Faiz Hsb_192350083_III.2 Pagi

    BalasHapus
  7. Hadir_Febri Alfiani Putri Hrp_192350088_III.2 Tekni Informatika(pagi)

    BalasHapus
  8. Hadir_Hermayanti_192350017_3.1 pagi T. Informatika

    BalasHapus
  9. Hadir_Fernanda Marsyah Akbar_192350012_III.1 PAGI

    BalasHapus
  10. Hadir _ Fikriyansyah_ 192350009_ T.i 3 - 1 pagi

    BalasHapus
  11. Hadir_eliza novita sari_192353003_IV-5

    BalasHapus
  12. Hadir_khairul sani_192350056_III.2 pagiT.Informatika

    BalasHapus
  13. Hadir_Ilham Rizki Fadhillah_192350086_III.2 Pagi T.Informatika

    BalasHapus
  14. Hadir_Yurico Herman_192350067_II-2 pagi

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Hadir_Sara Natasa_192350032_3.1 pagi

    BalasHapus
  17. Hadir_chyntia_192350007_3-1 pagi

    BalasHapus
  18. Hadir_Muhammad Arief_192350039_TI 3.1 Pagi

    BalasHapus
  19. Hadir_Bima Hamdhika Irfy_192350043_TI 3.1 Pagi

    BalasHapus
  20. Hadir_Nurul Fajrina_192350008_2.1 Pagi

    BalasHapus
  21. hadir_muhammad al adib_192350080_TI II.2 Pagi

    BalasHapus
  22. Hadir_Nurul Fajrina_192350008_3.1 Pagi

    BalasHapus
  23. Hadir_Fadhilah Mursyid_192350076_IV- 5 Pagi Teknik Informatika

    BalasHapus
  24. Hadir_Budi Sahputra_192350060_IV-5 Pagi

    BalasHapus
  25. Hadir_Mutiara Putri_192350073_III.2 Pagi

    BalasHapus
  26. Hadir_Miftahul husna_192350195_2-4 pagi

    BalasHapus
  27. Hadir_Mangara Tua_192350030_3-1 Pagi T.I

    BalasHapus
  28. Hadir_Fadhilla Aulia Darmawan_192350045_III.2 pagi

    BalasHapus