CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)
Pendahuluan
Definisi
Aktifitas Perusahaan Dengan Pelanggan
Aspek Penting CRM
Modul-Modul CRM
Manfaat CRM
Representatif Vendor CRM
Studi Kasus Bank BCA
Pendahuluan
Definisi
CRM adalah strategi bisnis yang fokus pada pelanggan yang didesain untuk mengoptimasi
profitabiliti, revenue, dan customer satisfaction.
CRM merupakan suatu pendekatan sistematis dalam memanfaatkan informasi dan juga komunikasi
untuk untuk membangun hubungan yang berkesinambungan dan saling menguntungkan dengan
pelanggan.
CRM merupakan strategi komprehensif dari perusahaan agar setiap proses dari daur hidup
pelanggan itu dapat dimanfaatkan dengan optimal. Tujuan utama : meningkatkan kepuasan
pelanggan. Tujuan akhir : memaksimalkan keuntungan dan pendapatan.
Aktifitas Perusahaan Dengan Pelanggan
Aktifitas perusahaan dengan pelanggan. Tujuan dari aktifitas ini adalah untuk meningkatkan
kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas diharapkan akan setia menggunakan produk atau jasa dari
perusahaan. Pelanggan yang setia tentu saja akan meningkatkan penjualan.
Aktifitas perusahaan dengan pelanggan terbagi menjadi 2 kelompok,
yaitu :
1. Aktifitas pre-sales adalah aktifitas yang dilakukan sebelum terjadi penjualan. Contoh aktifitas pre-
sales adalah melakukan kontak dengan pelanggan melalui teks (SMS / chat), panggilan telepon,
email, maupun bertatap muka secara langsung.
2. Aktifitas after-sales adalah aktifitas sesudah penjualan. Contohnya adalah perawatan berkala secara
gratis, konsultasi, atau dukungan pada permasalahan yang berkaitan dengan produk yang dibeli.
Aspek Penting CRM
Ada 3 aspek penting yang perlu dibenahi perusahaan dalam proses
CRM, yaitu :
1. People,
2. Technology, dan
3. Process
Aspek Penting CRM
1. People
Meliputi internalisasi cara berpikir karyawan tentang bagaimana melayani konsumen.
Visi implementasi CRM jelas dan dipahami secara benar oleh semua karyawan.
Aspek kesiapan dari sisi pengetahuan dan keterampilan.
Perusahaan mengadakan pelatihan dan proses belajar yang membuat karyawan lebih siap dalam
proses implementasi CRM
2. Technology
Perusahaan perlu membuat cetak biru tentang teknologi CRM seperti apa yang akan digunakan,
bagaimana proses implementasinya, training, dan juga penerapannya yang berhubungan dengan
sistem yang sudah ada sekarang.
CRM menggunakan teknologi informasi untuk membuat sistem perusahaan lintas fungsi yang
mengintegrasikan dan mengotomatisasi berbagai proses layanan pelanggan di dalam
penjualan, pemasaran, dan layanan produk yang dapat berinteraksi dangna pelangganperusahaan.
3. Process (Proses Dan Prosedur)
Perusahaan mendefinisikan secara jelas target market yang akan dibidik dan prosedur perusahaan
secara lebih rinci dalam melayani konsumen.
Karyawan yang berhubungan langsung dengan konsumen memiliki aturan yang jelas tentang
bagaimana melayani pelanggan
Bagaimana perusahaan menghubungkan antara kepuasan pelanggandengan kinerja karyawan.
Proses layanan pelanggan menjadi sistem yang harus dijalankan oleh seluruh karyawan.
Modul-Modul CRM
Modul-modul utama yang harus ada di dalam CRM adalah :
1. Sales
2. Direct Marketing And Fulfillment
3. Customer Service And Support'
Modul-Modul CRM
1. Sales
Menelusuri kontak pelanggan dan siklus hidup dari pelanggan untuk cross-selling dan up-selling.
Sebagai contoh, CRM akan mengingatkan bank sales representative untuk memanggil pelanggan
yang membuat deposit yang besar untuk menawarkan kepadanya layanan investasi dan program
kredit utama
2. Direct Marketing And Fulfillment
CRM dapat mengotomatisasi tugas-tugas seperti manajemen respon, penjadwalan kontak
sales,menyediakan informasi terhadap calon pelanggan dan pelanggan.
3. Customer Service And Support
CRM membantu manajer customer service secara cepat
membuat, menunjuk, dan mengelolapermintaan layanan.
Bisa pula membimbing representative customer service didalam
menolong pelanggan yang mempunyai problem dengan suatu
produk atau service, dengan cara menyediakan data layanan yang
relevan dan usulan bagi pemecahan problem.
Manfaat CRM
Adapun manfaat dari CRM adalah :
1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Konsistensi dan aksesibilitas informasi tentang pelanggan
memungkinkan penjualan & pelayanan yang lebih baik.
2. Mengurangi Biaya
CRM memungkinkan penjualan / pelayanan dengan biaya lebih
murah dalam skema program pemasaran yang spesifik dan
terfokus. Tertuju ke pelanggan yang tepat dan pada waktu
yang tepat pula.
3. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Otomasi penjualan dan proses layanan dapat mengurangi
resiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban
cashflow.
Penggunaan teknologi web dan call center misalnya, akan
mengurangi hambatan birokrasi dan biaya serta proses
administratif yang mungkin timbul
4. Peningkatan “Time To Market”
Aplikasi CRM memungkinkan membawa produk ke pasar
dengan lebih cepat dengan informasi pelanggan yang lebih
baik, adanya data trend pembelian oleh pelanggan.
5. Peningkatan Pendapatan
Dengan aplikasi CRM, perusahaan dapat melakukan penjualan
dan pelayanan melalui website sehingga peluang dari
penjualan secara global tanpa perlu menyediakan upaya
khusus untuk mendukung penjualan dan pelayanan tersebut.
Representatif Vendor CRM
SAP CRM (satu dari 5 aplikasi enterprise)
Salesforce.com
CRM dari Oracle
Siebel Systems
PeopleSoft
Sugar CRM (open source)
Studi Kasus
Bank BCA
Dengan salah satu contoh fokus dari CRM dalam dunia perbankan berarti
pelanggan yaitu nasabah. Yang termasuk didalamnya pusat panggilan
(call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan
teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service). Dengan
Formulasi CRM : Ketepatan Layanan + Teknologi + Kemudahan = Kepuasan
Customer
Kebanyakan bank-bank di Indonesia sudah menerapkan CRM dalam proses
bisnisnya. Dan untuk memperjelas tentang CRM kami akan menggunakan
bank BCA sebagai salah satu contoh perusahaan yang menggunakan CRM
dalam “memelihara” pelanggannya.
Layanan yang bersifat customerfacing merupakan layanan yang sifatnya
langsung pada pelanggan. Penerapannya bisa dilihat dibagian front office
sebuah bank
Sebagai contoh, pegawai dibagian customer service akan
membantu nasabah melakukan transaksi pembukaan rekening,
pengaduan, atau permintaan informasi mengenai produk-produk
perbankan.
Layanan yang bersifat customertouching bisa diterapkan melalui
pembuatan media yang bisa digunakan oleh nasabah untuk
berinteraksi dengan bank. Contohnya ATM (Automatic Teller
Machine), layanan Mobile Banking, dan Internet Banking. Dari mesin
ATM, nasabah sudah bisa melakukan hampir semua transaksi
perbankan mulai dari pengecekan saldo, transfer antar rekening,
pembayaran listrik dan telepon, dan penarikan uang.
Tugas
Carilah sebuah perusahaan yang
menerapkan CRM, kemudian jelaskan cara
penerapan CRM pada Perusahaan
tersebut.?
Hadir_Achmad Rizky Fazar_182350118_IV-3Pagi
BalasHapusHadir_Muhammad Surya Al Amin_182350128_4-3 Pagi
BalasHapusHadir_Fathon Sabili Lubis_182350111_4-3 pagi
BalasHapusHadir_Berry Ikhsan_182350113_IV-3 Pagi
BalasHapusHadir_Sarah Diana Sirait_182350155_4-4 pagi
BalasHapusHadir_Kevin Gideon Simanjuntak_182350207_4.1 pagi
BalasHapusHadir_Yurico Herman_192350067_IV-4 Pagi
BalasHapusHadir_M Mahdi Maulana Lubis_182350154_4-4 pagi
BalasHapusHadir_anisa nabila_182350158
BalasHapusHadir_M. Lutfi Akbar_182350206_4-4 Pagi
BalasHapus