PEMAHAMAN SOFT SKILL (PERTEMUAN 8)
PEMAHAMAN SOFT SKILL
PEMAHAMAN SOFT SKILL
• Pengembangan soft skilldi perguruan tinggi
• berdasarkan hasil jajak pendapat, kompetensi yang diperlukan dunia kerja ada 2 aspek yaitu :
aspek teknis dan non teknis
• Aspek teknis berhub dengan ltr blk keahlian atau kebutuhan yg diperlukan di dunia kerja
• Aspek non teknis mencakup motivasi, adaptasi, komunikasi,kerjasama,problem solving,manajemen
stress dan kepemimpinan
ASPEK NON TEKNIS DILAPANGAN
• Dapat bekerjasama
• Mampu menghadapi pekerjaan yang mendesak
• Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan
• Mampu bekerja di bawah tekanan
• Memiliki urgent sense of services
• Mampu beradaptasi
• Memiliki inisiatif dengan sikap dan integritas pada pekerjaan
• Jujur inovatif dan kreatif
• Mampu bekerja mandiri, sediki bimbingan
• Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik
• Bertanggung jawab dan memiliki komitmen thd pekerjaan
• Memiliki motivasi dan antusiasme dalam bekerja
DATA SURVEY ASPEK NON TEKNIS
• Mau bekerja keras
• Kepercayaan diri tinggi
• Mempunyai visi ke depan
• Bisa bekerjasama dalam tim
• Memiliki kepercayaan yang matang
• Mampu berpikir analitis
• Mampu beradaptasi
• Mampu bekerja dalam tekanan
• Cakap berbahasa ingris
• Mampu mengorganisir pekerjaan( tempo,2007)
PT VS DUNIA KERJA
• PT: lulusan yang high competence adalah lulusan dengan IPK tinggi dan lulus dalam waktu yang
cepat
• Dunia usaha: high competence yaitu mereka yang memiliki kemampuan dalam aspek teknis dan non
teknis
KENYATAAN DI LAPANGAN
• Salah satu permasalahan klasik yang sering terdengar adalah keluhan bahwa lulusan perguruan tinggi
ternyata tidak memenuhi kualifikasi yang diharapkan oleh dunia pekerjaan. Keluhannya adalah
bahwa lulusan perguruan tinggi umumya memiliki karakteristik sebagai berikut :kurang tangguh,
tidak jujur, cepat bosan, tidak bisa bekerja teamwork, minim kemampuan berkomunikasi lisan dan
menulis laporan dengan baik. Selain itu keluhan yang juga sering muncul dari para pelaku dunia
kerja adalah ungkapan-ungkapan sebagai berikut : “pintar sih pintar tapi kok gak bisa bekerja sama
dengan orang lain”atau “jago sih bikin konsep, namun sayangnya tidak bisa meyakinkan ide hebat itu
pada orang lain”, atau “baru teken kontrak 1 tahun tapi sudah mundur, kurang tahan banting,
KENYATAAN DILAPANGAN
• Lulusan kurang tahan banting
• Kurang cakap bernegosiasi
• Muntaber
• Kurang percaya diri
• Tidak bisa menjual diri
KENYATAAN DI PT
• Dalam hal ini ada kecenderungan bahwa apa yang diberikan di bangku kuliah tidak sepenuhnya
sesuai dengan kebutuhan di lapangan kerja. Dan gap itu adalah softskill. Kemampuan nonteknis yang
tidak terlihat wujudnya (intangible) namun sangat diperlukan itulah prinsipnya yang disebut dengan
softskill. Menurut penelitian di Eropa, kesuksesan seseorang di dunia kerja 80% ditentukan oleh
kemampuan softskilldan 20% kemampuan hardskill
UPAYA PENINGKATAN
• Softskill adalah sesuatu yang sangat penting. Hanya saja bagaimana strategi agar softskill ini menjadi
bagian dari aktivitas kampus atau perkuliahan. Dalam hal ini menurut Patrick S. O’Brien dalam
bukunya Making College Count, soft skill dalam masa perkuliahan dapat dikategorikan ke dalam 7
area yang disebut Winning Characteristics, yaitu,
• communication skills,
• organizational skills,
• leadership,
• logic,
• effort,
• group skills, dan
• ethics.
UPAYA PENINGKATAN
• Kesertaan dalam organisasi
• pelatihan dan seminar
• Pkl
• KKN
• Program DIKTI
PEMAHAMAN MENGENAI KOMPETENSI
• Kecakapan Dasar Manusia
• Planning for Public and Non-profit Organizations): kombinasi dari pengetahuan dan ketrampilan,
atau keahlian yang diperlukan untuk mengerjakan suatu tugas.
• Kompetensi( Derrick Casey dalam Method and Procedure for Developing Competency Standard)
kombinasi dari pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill)dan sikap( attitude) yang diperlukan
untuk dapat melaksanakan suatu tugas
Tiga Kecakapan Dasar Kurt Singer :
• Kecakapan negosiasi
• Kecakapan mengelola konflik
• Kecakapan menyantuni pluralisme
Manusia juga memerlukan Kepribadian Yang dapat dicapai melalui 3 C yaitu:
* Conscience (nurani),
* Compassion (kepedulian sosial),
* Competence (kecakapan )
• Kecakapan Dasar Manusia di Indonesia menurut Standard Kompetensi Kerja Nasional
• merujuk dari pengertian Casey; kompetensi sebagai kemampuan kerja setiap individu, mencakup
• pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill) dan sikap (attitude) kerja minimal yang harus dimiliki
untuk dapat melaksanakan pekerjaan atau jabatan tertentu
• Kompetensi dari Ki Hajar Dewantara :
Agar manusia dapat hidup perlu mempunyai kecakapan dasar, memiliki pengetahuan (knowledge),
ketrampilan (skill)yang dapat dipelajari dengan otak, sikap (attitude) yang arif, rendah hati dan
manusiawi
Visi pendidikan UNESCO ( United Nations forEducation,Science and Culture Organization ) :
• Belajar mengetahui atau memahami (learning to know )
• Belajar untuk mengerjakan sesuatu ( learning to do )
• Belajar untuk menjadi diri sendiri ( learning to be )
• Belajar hidup bersama atau bermasyarakat ( learning to live together )
7 Kebiasaan untuk mengembangkan PotensiDiri ( Stephen R. Covey )
1. Jadi proaktif
2. Merujuk pada tujuan akhir
3. Dahulukan yang utama
4. Paradigma saling ketergantungan
5. Berusaha mengerti terlebih dahulu
6. Wujudkan sinergi/kerjasama
7. Asah kemampuan terus - menerus
PENGERTIAN SOFT SKILLDAN HARD SKILL
• Hard skill : kompetensi teknis dan akademis sesuai dengan latar belakang keilmuan yang dipelajari
• Soft skill sendiri diartikan sebagai kemampuan diluar kemampuan teknis dan akademis, yang lebih
mengutamakan kemampuan intra dan interpersonal.
Secara garis besar soft skill bisa digolongkan ke dalam dua kategori : intrapersonal dan interpersonal
skill.
*Intrapersonal skill mencakup : self awareness (self confident, self assessment, trait & preference,
emotional awareness) dan self skill ( improvement, self control, trust, worthiness, time/source
management, proactivity, conscience). Sedangkan interpersonal skill mencakup social awareness
(political awareness, developing others, leveraging diversity, service orientation, empathy dan social
skill (leadership,influence, communication, conflict management, cooperation, team work, synergy)
SOFT SKILL
• Wikipedia memaparkan bahwa soft skills merupakan istilah sosiologis yang merujuk pada
sekumpulan karakteristik kepribadian, daya tarik sosial, kemampuan berbahasa, kebiasaan pribadi,
kepekaan/kepedulian, serta optimisme. Soft skillsini melengkapi hard skills- yang bisa dikatakan juga
sebagai persyaratan teknis dari suatu pekerjaan. Soft skills tersebut mencakup
(a) kualitas pribadi - misalnya tanggung jawab, kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi,
manajemen (pengendalian) diri, dan integritas atau kejujuran;
(b) ketrampilan interpersonal, misalnya berpartisipasi sebagai anggota kelompok, mengajar (berbagi
pengetahuan) ke orang lain, melayani pelanggan, kepemimpinan, kemampuan negosiasi, dan bisa
bekerja dalam keragaman
• coba mengulas sedikit tentang pengertian soft skillsitu sendiri.
• Soft skillspada dasarnya merupakan ketrampilan
personal- yaitu ketrampilan khusus yang bersifat nonteknis, tidak berwujud, dan kepribadian yang
menentukan kekuatan seseorang sebagai pemimpin, pendengar (yang baik), negosiator, dan mediator
konflik.
Sedangkan Hard skill bersifat teknis dan biasanya sekedar tertulis pada bio data atau CV seseorang
yang mencakup pendidikan, pengalaman, dan tingkat keahlian (teknis). Soft Skillsbisa juga
dikatakan sebagai ketrampilan interpersonal seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama
dalam sebuah kelompok
13 KETRAMPILAN SOFT SKILLS….
• Ketrampilan berkomunikasi yang efektif
• Inovasi dan kreativitas
• Berpikir analitis
• Fleksibilitas
• Kesiapan untuk berubah
• Memiliki sikap dan nilai-nilai yg benar
• Ketrampilan interpersonnal
• Ketrampilan negosiasi
• Ketrampilan persuasif
• Ketrampilan mengatur waktu
• Kemampuan memecahkan masalah
• Kemampuan beradaptasi
• Kemampuan memimpin dan membangun tim
PENTINGNYA SOFT SKILLBAGI MAHASISWA
• pengembangan softskills di perguruan tinggi memang harus dilakukan secara integratif dan
menyeluruh. Pengembangan softskills tidak hanya sekedar memberikan pelatihan atau kursus
softskills, misalnya kursus kepribadian atau teknik komunikasi saja. Sebuah perguruan tinggi
idealnya mengembangkan softskill mahasiswa
• permasalahan klasik yang sering terdengar adalah keluhan bahwa lulusan perguruan tinggi
ternyata tidak memenuhi kualifikasi yang diharapkan oleh dunia pekerjaan. Keluhannya adalah
bahwa lulusan perguruan tinggi umumya memiliki karakteristik sebagai berikut :kurang
tangguh, tidak jujur, cepat bosan, tidak bisa bekerja teamwork, minim kemampuan berkomunikasi
lisan dan menulis laporan dengan baik
Umumnya dalam setiap pekerjaan, seseorang harus memiliki 4 hal yaitu :
• pengetahuan atau keterampilan khusus atau kompetensi teknis (hard skill), termasuk di dalamnya
juga pengetahuan mengenai industri atau organisasi;
• pengalaman di suatu bidang atau sering dikenal sebagai jam terbang;
• kompetensi perilaku atau sering juga disebut soft skill/managerial skill dan kepribadian
• softskill adalah sesuatu yang sangat penting. Hanya saja bagaimana strategi agar softskill ini menjadi
bagian dari aktivitas kampus atau perkuliahan. Menyiapkan lulusan yang memiliki mind, heart, hand
yang terintegrasi dalam memasuki dunia kerja
ATRIBUT SOFT SKILL
• Soft skill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain(termasuk dengan
dirinya sendiri)
• Atribut soft skill dengan demikian meliputi : nilai yang dianut, motivasi, perilaku, kebiasaan,
karakter dan sikap
• Atribut soft skill dimiliki oleh setiap orang dengan kadar yang berbeda
• Kadar tersebut dipengaruhi oleh : kebiasaan berpikir, berkata, bertindak dan bersikap.
• Atribut dapat berubah jika seseorang berniat untuk mengubahnya dengan cara berlatih membiasakan
diri dengan hal-hal yang baru dilakukan selama 90 hari ( ariwibowo,2005)
• Soft skill dibagi dalam interpersonal skill dan intrapersonal skill
• Intrapersonal skill mesti dibenahi dulu sebelum interpersonal skill(Aribowo,2005)
• Intrapersonal skill adalah ketrampilan berhub dengan diri dan mengatur diri
• Interpersonal skill adalah ketrampilan berhub dengan orang lain
KETRAMPILAN INTRAPERSONAL
• Transforming charakter
• Transforming belief
• Change management
• Stress management
• Time management
• Creative tinking processes
• Goal setting & life purpose
• Acceleratedlearning purpose
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
• Com. Skill
• Relationship building
• Motivation skill
• Leadership skill
• Self marketing skill
• Negotiation skill
• Presentation skillpresentation speech skill
Hadir_Zilla Amartya_182350068_4.3 Pagi
BalasHapusAji Syahputra_182350087
BalasHapusNurharianna Siregar_182350075
BalasHapusTri Rizki Ramadhani_182350073
BalasHapusKelas 3-II pagi
Hadir
Fauzan Ananda H_202353001
BalasHapusM mahdi maulana lubis 182350154
BalasHapusNurhayati_182350029
BalasHapusHadir_Emma Yurispa Siregar_182350013_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Ermayani Sihombing_182350014_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Ratih Ningtyas_182350030_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Meri Ananda_192350175
BalasHapusHadir_Muhammad Fakhrul Rozi_192350176_4-1 Pagi
BalasHapusAldira afnur _ 192350163
BalasHapusHadir_Rizky Ainul Prasetio_182350027
BalasHapusHadir_Muhammad Fadli Fahreza_182350037_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Muhammad Ramulia Siregar _182350034_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_182350041_Kevin Koseki Sibarani_IV-1 Pagi
BalasHapusArdiansah_182350052
BalasHapusFeriza Kholbi Amsyah Nst
BalasHapus182350036
4-1Pagi
Salamudin_182350055
BalasHapusAngga Ardiansyah_182350056
BalasHapusHadir_Angga Ardiansyah_182350056
BalasHapusHadir_182350041_Kevin Koseki Sibarani_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_M. Fitra Abdillah_182350051
BalasHapusHadir_,Budi Sahputra_192350060_IV-2
BalasHapusHadir_Ilham Rizki Fadhillah_192350086
BalasHapusLastri Pratiwi_192350096
BalasHapusHadir_M.Reza Al Faiz Hsb_192350083_IV-2 Pagi
BalasHapusHadir_Mieska Rachmadina Lubis_182350090_4.2 pagi
BalasHapusHadir_192350079_MHD.Husnul Khuluqi_IV.2 Pagi
BalasHapusHadir_Yurico Herman_192350067_IV-2 Pagi
BalasHapusHadir_Tedy sanjaya_182350082
BalasHapusHadir_Fadhilah Mursyid_192350076_IV-2 Pagi TI
BalasHapus