Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INTERPERSONAL SKILL " Kecakapan antar Personal"

 INTERPERSONAL SKILL


Komunikasi Efektif

* Komunikasi secara sederhana dapat diartikan sebagai proses mengirimkan dan menerima pesan

* Keberhasilan sebuah usaha/bisnis juga bergantung pada kemampuan karyawan dan manajer dalam berkomunikasi dengan publik secara efektif

* Komunikasi efektif terjadi jika tercapai pemahaman yang sama, merangsang pihak yang lain melakukan tindakan dan mendorong orang untuk berfikir dengan

cara yang baru. 


Seni Berkomunikasi Effektif

- The art of Looking (memandang)

- The art of Smiling (tersenyum)

- The art of Listening (mendengar)

- The art of Questioning (bertanya)

- The art of Answering (menjawab)

- The art of Surprising (kejutan positif)

- The art of Admitting Mistake (mengakui kesalahan)

- The art of Asking Apology (meminta maaf)

- The art of Stating Empathy (pernyataan empati)

- The art of Closing Conversation (menutup pembicaraan) 


Seni Berkomunikasi Efektif

-The art of Looking (memandang)

Pandang mata Publik, Anda dengan ramah dan bersahabat, Jaga kontak mata

“Tatapan mata mengungkap berjuta kata”

- The art of Smiling (tersenyum)

Tinggalkan semua beban pikiran, Anda sebelum menuju tempat bekerja

Jangan memikirkan hal lain selain keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi publik

 “Ketulusan terungkap melalui senyum”

- The art of Listening (mendengar)

Pusatkan perhatian pada apa yang dikatakan publik, Dengarkan nada suara publik, Tunjukkan pada publik bahwa Anda mendengarkannya

Kesediaan mendengar menjadikan lebih pintar 

- The art of Answering (menjawab)

Hindari menjawab publik dengan memberikan janji kosong, Tahan diri untuk tidak memotong

pembicaraan publik, Berikanlah jawaban yang lengkap dan jelas, Jawaban pasti tentu lebih berarti 

- The art of Questioning (bertanya)

Gunakanlah kalimat pendek dan bahasa yang mudah dimengerti oleh publik. Fokuskan pertanyaan untuk

kelengkapan data atau untuk membantu penyelesaian masalah, Bertanya memperkaya wacana 

- The art of Surprising (kejutan positif)

Berikan perhatian ekstra pada publik, Pahami masalah publik sebelum ia bertanya pada Anda

Rencanakan dan siapkan kejutan positif yang berkesan, Kejutan mengesankan kepedulian 


Seni Berkomunikasi Effektif

Jangan malu untuk mengakui kesalahan, Akui kesalahan dengan jujur dan pastikan tidak akan terulang lagi

Mengakui kesalahan bukan berarti kinerja dan kredibilitas Anda buruk


* The art of Admitting Mistake (mengakui kesalahan)

Mengakui kesalahan mencerminkankan kerendahan hati dan kebesaran jiwa 

* The art of Asking Apology (meminta maaf)

Bila publik mengeluh, segera minta maaf walaupun itu bukan kesalahan Anda

Hindari konfrontasi dengan publik, Minta maaflah, dan bangun kembali kepercayaan publik dengan segera

 " Permintaan maaf mengajarkan rasa ikhlas" 

Effektif Seni Berkomunikasi

Posisikan diri Anda di tempat publik yang mengalami kesulitan

Tawarkan bantuan segera sebatasn kemampuan saat publik membutuhkan

Beri pujian jika memang pantas mendapatkannya

- The art of Stating Empathy (pernyataan empati)

 Pernyataan Emphaty sangat menyejukkan hati  Seni Berkomunikasi Effektif

- The art of Closing Conversation (menutup pembicaraan)

Pastikan semua kebutuhan dan keinginan publik telah terpenuhi sebelum menutup pembicaraan

Simpulkan pembicaraan untuk tindaklanjut sesuai kesepakatan

Ucapkan terima kasih atas kunjungan publik dan ucapkan “selamat jalan”

Ungkapkan kata perpisahan yang membawa kesan 


7 syarat keberhasilan SUCCESS Dr.Maxwell Maltz

* Sense of direction (kecakapan menetapkan tujuan)

* Understanding (kemampuan memahami dengan memanfaatkan pengalaman atau pengetahuan)

* Courage ( keberanian untuk berbuat sesuatu)

* Charity ( bersikap murah hati /ramah )

* Esteem(mempunyai jati diri/kepribadian )

* Self confidence (mempunyai kepercayaan diri)

* Self acceptence (dapat menerima dan menyadari keadaan dirinya ) 


7 sikap negatif yang dapat menyebabkan kegagalan/Failure

* Frustration ( putus asa - frustasi )

* Agressiveness ( sikap suka menentang dan menantang/sikap galak )

* Insecurity (sikap cemas/merasa tidak aman)

* Lonelyness (sikap suka menyendiri)

* Uncertainity (gelisah karena ketidakpastian)

* Resenment (sikap suka uring-uringan,marah tanpa alasan yang jelas)

* Emptiness (sikap suka bengong, tidak mampu berpikir dan berbuat apa-apa) 


S I K A P adalah segalanya

* Bila Anda melayani publik, Anda mempunyai kemampuan untuk membentuk persepsi publik.

* Kata-kata dan sikap Anda sangatlah ampuh untuk menciptakan persepsi dan opini publik tentang Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja. 

Sehingga persepsi dan opini yang terbentuk seharusnya adalah Persepsi danOpini yang positif 


Sikap Orang Lain Kepada Anda Adalah Cermin Sikap Anda

* You are You

* Sikap Anda adalah penentu segalanya

* Hargai diri Anda dan orang lain

* Percaya pada diri sendiri

* Percaya Anda bisa membuat sesuatu yang berbeda

* Niatkan untuk memberikan dan melakukan yang terbaik dalam segala hal sejak awal 


Serve Your Public With CARE

* Communication

   Kemampuan menciptakan komunikasi yang informatif dan efektif, sangat menentukan penilaian performance seorang Pelayan Publik

* Attention

   Kesediaan memberikan perhatian yang sangat menyentuh namun tidak berlebihan, akan sangat berkesan dalam ingatan Publik

* Relationship

   Hubungan bisnis yang hangat dan profesional harus tetap terbina dan terpelihara secara berkesinambungan

* Emotion

   Kemampuan membangkitkan kedekatan secara emosional harus terus dikembangkan agar mampu menjadi perekat bisnis yang tidak tergoyahkan 

51 komentar untuk " INTERPERSONAL SKILL " Kecakapan antar Personal""

  1. Feriza Kholbi Amsyah Nst_182350036

    BalasHapus
  2. HADIR_Muhammad Fakhrul Rozi_192350176_4-1Pagi

    BalasHapus
  3. Hadir_Ermayani Sihombing_182350014_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  4. Hadir_Hanna Ritonga_182350012_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  5. Hadir_Emma Yurispa Siregar_182350013_IV- Pagi

    BalasHapus
  6. Nama : Rizky Ainul Prasetio
    Npm : 182350027

    BalasHapus
  7. Hadir_Muhammad Ramulia Siregar_182350034_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  8. Hadir_Ratih Ningtyas_182350030_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  9. Hadir_Muhammad Fadli Fahreza_182350037_ IV-1 Pagi

    BalasHapus
  10. Muhammad Farhan Hafiz_182350002

    BalasHapus
  11. Muhammad Ridzky Pratama
    182350046

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Nama: Adji Abdur Rasyid
    Npm: 182350008

    BalasHapus
  15. Hadir_Mutiara Putri_192350073_lll. 2 Pagi

    BalasHapus
  16. Hadir_MHD.Husnul Khuluqi_192350079_III.2 Pagi

    BalasHapus
  17. Hadir_Fahri Ardhana_192350052_IV-2 TI Pagi

    BalasHapus
  18. Hadir_Fadhilla Aulia Darmawan_192350045_III.2 pagi

    BalasHapus
  19. Hadir_Fahri Ardhana_192350052_IV-2 TI Pagi

    BalasHapus
  20. Nama : Febri alfiani putri hrp
    Npm : 192350088

    BalasHapus
  21. Hadir_M.Reza Al Faiz Hsb_192350083_IV.2 Pagi

    BalasHapus
  22. Hadir_M. Dimas Hariansyah_18235072_IV-2 Pagi

    BalasHapus
  23. Hadir_Budi Sahputra_192350060_IV-2 Pagi

    BalasHapus
  24. Hadri_Mieska Rachmadina Lubis_182350090_4.2 pagi

    BalasHapus
  25. Hadir_Fadhilah Mursyid_192350076_IV-2 Pagi Teknik Informatika

    BalasHapus