Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TES STIFIn


Tes STIFIn adalah sebuah tes yang digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang dengan membacanya sidik jari seseorang. STIFIn adalah sensing yang disingkat S, Thinking yang disingkat T, Intuiting yang singkat I, Feeling yang disingkat F, dan Instinct yang disingkat In.
Tes STIFIn ditemukan oleh Farid Poniman dengan menggunakan instrumen pemindai sidik jari. Tes ini bisa dilakukan oleh siapapun termasuk anak yang sangat dini.

Instrumen tes ini diklaim mampu mendeteksi belahan dan lapisan otak seseorang yang dominan, sehingga hasilnya memberikan berbagai informasi yang kompleks.

Metode ini menyebut pada setiap ujung jari yang dianalisis, terdapat titik syaraf yang terhubung ke cara kerja otak, jempol dengan lobus prefrontal, telunjuk dengan lobus frontal, jari tengah dengan lobus parietal, jari manis dengan lobus temporalis, dan jari kelingking dengan lobus oksipitalis.

Lobus yang terbuang di jari-jari tersebut, memiliki fungsi yang berbeda-beda dan berkaitan dengan potensi bakat.

Manfaat Tes STIFIn, Beberapa manfaat dari tes STIFIn, yaitu:
  1. Mengenali kelebihan dan potensi diri
  2. Mengenali diri baik keunggulan dan kelemahan
  3. Dapat menentukan gaya kerja maupun komunikasi
  4. Membantu menentukan karier
Tipe Kepribadian STIFIn
Terdapat tipe kepribadian dari STIFIn, yaitu:

  1. Sensing
Sensing adalah seseorang yang lebih mengandalkan indra pada tubuhnya, terdapat sensing introvert dan sensing ekstrovert.Sensing introvert adalah sistem operasi otak yang berada di belahan otak bagian bawah di sebelah kiri, adapun kekhasan yang dimiliki oleh sensing introvert adalah Gigih, Detail, Perekam, Disiplin, Hati-hati, Bersemangat, Ensiklopedia, Workaholic, Tepat Waktu. Bidang karir yang cocok oleh sensing ekstrovert adalah bidang keuangan, transportasi, pertahanan, hiburan, jurnalis sejarawan, dan lain-lain.

Sedangkan pada Sensing ekstrovert (Se) merupakan sistem operasi otak di belahan otak bagian bawah di sebelah kiri, kekhasan yang dimiliki yaitu petualang, suka bermain, demonstratif, murah hati, berulang-ulang, selaras, pamer, tidak menyerang, daya tahan, pengalaman. Sedangkan karir bidang yang cocok oleh sensing ekstrovert adalah ekonomi, sport, kemiliteran, perhotelan, sejarah, ahli bahasa, ahli keuangan, pedagang, dan lainnya.

        2. Thinking
Thinking adalah seseorang yang mengutamakan logika, terdapat Thinking introvert (Ti) dan Thinking ekstrovert (Te)Thinking introvert (Ti) dan Thinking ekstrovert (Te) memiliki kekhasan adalah ahli, tepat waktu, terjadwal, mandiri, fokus, menyeluruh, mekanistik, bijaksana, bertanggung jawab, skema. riset dan teknologi. Adapun bidang karirnya untuk thinking introvert adalah informasi, teknologi, pertambangan, konstruksi, kesehatan, garmen dan arah karir pilihan; Manajer, manufaktur, bisnis, properti, peternakan, penelitian, perminyakan, dan lainnya. Sedangkan thinking ekstrovert bidang karir yang cocok adalah Ristek IT, bisnis, pertambangan, ahli konstruksi, bisnis kesehatan, garmen, peneliti, pabrikan, perminyakan, programer, dokter, dan lainnya.

        3. Intuiting
Intuiting adalah seorang yang mementingkan intuisi, terdapat intuiting introvert dan intuiting ekstrovert. Intuiting memiliki kekhasan seperti pembelajar, tegas, perfeksionis, terpelajar, optimis, dan dalam. Sedangkan bidang karir yang cocok untuk Intuiting introvert adalah pengusaha/investor, bisnis, pendidikan atau pelatihan, penulis sastra, sinematografis, detektif, seniman, pengusaha, peneliti sains murni, dan lainnya.
Intuiting ekstrovert memiliki bidang karir yang cocok yaitu iklan agency, lifestyle mode, bisnis penerbangan, bisnis agroforestry, seniman, pengusaha, peneliti sains murni, fisikawan quantum, pencipta lagu, reengineering, proyeksi, filosof, dan lainnya.

4. Feeling
Feeling adalah seseorang yang mengutamakan perasaan yang mengutamakan perasaan, dibedakan menjadi feeling introvert dan feeling ekstrovert. Feeling introvert memiliki ciri khas yaitu adalah idealis, pemimpin, baik hati, reflektif, meyakinkan, promotor, diplomatis, bersahabat.

Feeling introvert memiliki bidang karir yang cocok yaitu psikolog, komunikasi, diplomat, humas, promo, investor, negarawan, trainer atau public speaker, administrasi negara, seniman, budayawan, dan lainnya. Sedangkan feeling ekstrovert memiliki ciri khas empathy, tolerance, communicative, listener, sympathetic, persuasive, affectionate, enable, considerate, guiding. Adapun bidang karir yang cocok untuk feeling ekstrovert adalah politisi, eksekutif, lawyer, kesenian, investor, negarawan, trainer/ public speaker, administrasi negara, seniman, budayawan, dan lainnya.

5. Insting (In)
Insting adalah seseorang yang mementingkan sisi insting-nya atau naluri, Kekhasan dari In adalah seimbang, kompromistis, damai, banyak akal, sederhana, pemaaf, sibuk, mediator.

Sedangkan bidang karir yang cocok pembalap, entertainer, agamawan, aktivis, musik, chef, jurnalis, aktivis, pengetahuan umum, performance, spiritualitas, birokrat, pelayanan masyarakat, dan lainnya.


Posting Komentar untuk "TES STIFIn"