Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tes Kepribadian MBTI

 

Tes Kepribadian MBTI?

The Myers Briggs Type Indicator atau biasa disingkat menjadi MBTI adalah metode pengukuran yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang, khususnya untuk memahami bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan.

Menurut The Myers Briggs Company, perusahaan di California yang menangani MBTI, hampir 1,5 juta orang mengikuti MBTI test secara online setiap tahun.

The Myers-Briggs Type Indicator lahir dan dikembangkan oleh Kathrine Cook Briggs dan putrinya. Carl Gustav Jung menjelaskan bahwa kepribadian ini dibagi melalui empat dimensi sifat dasar manusia, yaitu dimensi pemusatan perhatian yang terdiri dari Extrovert (E) vs Introvert (I), dimensi memahami informasi dari luar yang terdiri dari Sensing (S) vs Intuition (N), dimensi menarik kesimpulan dan keputusan yang terdiri dari Thinking (T) vs Feeling (F), lalu dimensi pola hidup yang terdiri dari Judging (J) vs Perceiving (P).

Nah, dari empat dimensi sifat tersebut dikombinasikan hingga menghasilkan 16 kepribadian


1. Tipe ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging)

Sosok ENFJ dikenal sebagai pengajar dan pemberi, karakter yang idealis. Mereka melihat potensi pada orang lain dan ingin membantunya dalam mencapai yang terbaik. Sebagai pendengar yang baik, ENFJ senang menghargai pertimbangan pribadi dirinya dan orang lain.

ENFJ juga memiliki jaringan perkenalan yang luas dan dapat menjadi pemimpin yang baik. Seperti Barrack Obama, pemimpin Amerika Serikat yang hangat itu, ia berkepribadian ENFJ

Jurusan yang cocok: Psikologi, Pendidikan, atau Hubungan Internasional.


2. Tipe ENFP (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)


Tipe ENFP, kamu tergolong sosok yang memiliki mental juara dan kreatifTipe ENFP juga disebut sebagai juru kampanye. ENFP selalu melihat kehidupan sebagai sesuatu yang penuh dengan kemungkinan.

Sosok ini juga cenderung menyukai hal-hal abstrak dan lebih mementingkan pertimbangan pribadi daripada logika. Mengapa? Karena ENFP adalah jiwa bebas sejati. Ia senang membangun emosional dan sosial dengan orang lain. Hal ini membuat ENFP menjadi sosok yang populer dan friendly.

Kepribadian ENFP berfokus pada hubungan emosional dan sosial yang mereka bangun dengan orang lain. Mereka juga mandiri, penuh inovasi, serta dapat memberikan solusi atas masalah yang ada. ENFP haus akan ilmu pengetahuan tetapi tidak menjadikan mereka sebagai pribadi yang sombong. Justru, kebanyakan ENFP menghindari percakapan yang menyinggung.

Jurusan yang cocok: Ilmu Politik, Jurnalisme, atau Sosiologi.


3. Tipe ENTJ (Extraverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Tipe ENTJ dikenal sebagai sosok panglima dan pelaksana. Ia memiliki hubungan dan jaringan yang luas dengan siapapun. ENTJ juga dikenal sebagai orang yang suka berterus terang.

Penuh akan motivasi hidup, ENTJ selalu semangat ketika mencoba meraih tujuan. Tekad yang kuat dan ambisi yang tinggi membuat tipe ENTJ memiliki kepribadian alami untuk menjadi pemimpin.tapi jangan salah! Ambisi yang tinggi tidak selamanya positif. Terkadang, tipe ENTJ keras kepala, tidak sabaran, dan tidak toleran. Berkat pengetahuannya yang luas, ENTJ adalah pembaca keadaan yang baik. Ia peka dalam memilah prosedur atau kebijakan yang kurang efisien, bahkan mampu mengembangkan sistem guna mengatasi persoalan dalam organisasi. Tipe kepribadian MBTI ini tak segan memaksakan idenya.

Jurusan yang cocok : Project manager, Financial analyst, Network administrator, Auditor, Insinyur sipil, Konsultan manajemen, Politisi, Anggota militer


4. Tipe ENTP (Extraverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Sebagai sosok yang blak-blakan, ENTP juga dikenal sebagai orang yang visioner dan penemu. ENTP juga merupakan sosok yang cepat, siaga, berbakat, dan telaten.

Karena gerak-geriknya yang cepat dan selalu siaga, ENTP disebut cocok dengan profesi pengacara, diplomat, programmer, atau bahkan peneliti dan ilmuwan. 


5. Tipe ESFJ (Extraverted, Sensing, Feeling, Judging)

Memiliki banyak teman membuat tipe ESFJ sebagai sosok yang bersahabat. ESFJ juga dikenal sebagai sosok pengasuh dan pemberi. Oleh 16personalities.com, ESFJ adalah sosok yang senang mendukung orang lain.

Ya, kalau kamu adalah seorang ESFJ, maka kamu adalah sosok yang sangat suportif. ESFJ juga adalah tipe yang tidak suka konflik. Ia sangat menghargai ketertiban sosial. Oh ya, tipe ESFJ ini adalah tipe yang paling banyak ditemukan di dunia, Tipe kepribadian ESFJ adalah orang-orang yang berhati lembut, lho. Mereka mudah tersentuh sehingga tak segan membantu orang lain yang kesusahan. ESFJ juga menyukai interaksi dengan orang banyak, ramah, populer, teliti, berorientasi pada pelayanan, serta easy going.

Jurusan yang cocok: Komunikasi, Psikologi, atau Keperawatan.


6. Tipe ESFP (Extraverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Ciri-ciri dari ESFP adalah sosok yang mencintai kehidupan, orang, dan kenyamanan materi. ESFP juga dikenal sebagai performers atau penghibur. ESFP akan spontan dalam melakukan hal yang ia senangi.

Tipe kepribadian ini adalah sosok bintang. Ia suka ketika lampu disorot ke arahnya dan panggung adalah dunianya. Hm, kalau kamu merupakan sosok ini, sepertinya cocok menjadi aktor, penyanyi, atau ikutan boy & girl group. Kepribadian ESFP banyak dimiliki oleh aktor dan pemain di industri hiburan. Mereka ingin orang lain merasakan kebahagiaan dan kembali bersemangat. ESFP juga punya selera yang tinggi dalam mode serta tidak takut mengekspresikan gaya mereka. Sayangnya, ESFP kurang cocok dengan pekerjaan yang kompleks dan berhubungan dengan statistik.

Jurusan yang cocok: Komunikasi, Pariwisata, atau Seni Pertunjukan.

 

7. Tipe ESTP (Extraverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

ESTP adalah tipe yang berorientasi pada tindakan. kamu akan menjadi pribadi yang menyenangkan dan hangat dalam hubungan asmara. Mereka yang memiliki tipe kepribadian ESTP biasanya senang menjadi pusat perhatian. Sangat menyenangkan, berani, menyukai tantangan, dan fleksibel. Nggak heran kalau ESTP punya teman yang banyak serta mudah beradaptasi dalam kondisi apapun. ESTP juga bertindak spontan tanpa memikirkan sesuatu terlalu lama.

Jurusan yang cocok: Bisnis, Olahraga, atau Pemasaran.


8. Tipe ESTJ (Extraverted, Sensing, Thinking, Judging)

ESTJ adalah sosok eksekutif. Apa sih eksekutif itu? Eksekutif adalah sosok yang mewakili tradisi dan tatanan sosial masyarakat. Sosok ESTJ kerap kali diterima secara sosial untuk menyatukan keluarga dan masyarakat.

ESTJ adalah sosok yang jujur dan memegang nilai kebenaran. Hm, kurang lebih tipe ESTJ akan selalu menegakkan keadilan, apa yang benar dan apa yang salah! Keren, ya? Kalau kamu ESTJ, kamu bisa jadi detektif 

Jurusan yang cocok: Teknik Informatika, Geofisika, Statistika, Radiologi


9. Tipe INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)

Tahukah kamu hanya 1% dari populasi di dunia yang memiliki kepribadian ini? Meski terlihat pendiam, INFJ adalah individu yang peka terhadap perasaan orang lain, memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan keinginannya, serta berjiwa kreatif. Psstt, banyak yang bilang INFJ adalah tipe kepribadian yang paling introvert lho.Sosok yang dikenal idealis ini sangat pendiam. INFJ juga merupakan sosok yang lembut dan sangat berpegang teguh pada hal-hal yang ia yakini. INFJ adalah sosok pelindung.

Selain itu, INFJ juga memiliki kemauan keras dan mudah dalam menciptakan keseimbangan kehidupan. Sayangnya, terkadang keyakinan kuat yang ia miliki justru membuat INFJ menjadi orang yang terlalu perfeksionis.

Jurusan yang cocok: Psikologi, Sastra, Filsafat , Antropologi dan  Desain

 

10. Tipe INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

INFP memiliki sosok yang sangat idealis dan penuh empati. Ia senang mencari celah kebaikan di setiap kesempatan atau bahkan di setiap hal-hal buruk. Meskipun INFP adalah orang yang pendiam dan sering dikenal tidak ramah, INFP memiliki semangat yang membara di dada dan sikap peduli akan orang lain.

Ketika INFP menemukan lawan bicara yang memiliki kecenderungan yang sama, INFP akan menonjolkan keharmonisan, kesenangan, dan inspirasi.

Jurusan yang cocok: Jurnalisme, Psikologi, atau Seni Pertunjukan

 

11. Tipe INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Selain INFJ, ada pula kepribadian MBTI lainnya yang langka ditemui di dunia, sekitar 0,8 hingga 2% dari populasi.  Di kehidupan sosial, INTJ sering dijuluki “si kutu buku” dan terkenal sebagai pribadi yang kaku. Namun, dibalik itu semua, INTJ merupakan sosok yang ambisius, tegas, punya rasa keingintahuan yang tinggi, dan menjaga privasi. INTJ adalah sosok yang pemikir. Hal itu menjadikan sosok INTJ sebagai sosok yang kreatif, imajinatif, dan sangat strategis untuk segala tujuannya.


Jurusan yang cocok: Ilmuan Ilmu Komputer, Teknik, atau Manajemen.


12. Tipe INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Sama halnya dengan INTJ, INTP juga merupakan sosok pemikir. Hal itu membuat INTP menjadi sosok yang penuh akan ide di kepalanya. Dari luar INTP terlihat sebagai sosok arogan, namun INTP akan sangat ramah dengan sosok yang mereka kenali atau orang yang memiliki ketertarikan sama.

Ia mencintai hal-hal berbau buku, serta menjadi sosok yang paling bisa dipercaya. Selain itu, INTP adalah sosok yang sangat ahli dalam mengembangkan wawasan dan solusi.

Logika adalah hal yang terpenting bagi tipe kepribadian INTP. Angka dan pola yang rumit justru jadi tantangan bagi mereka. INTP biasanya terlihat pada individu yang menyukai Matematika. Orang dengan kepribadian INTP sering dianggap pemalu dan pendiam, padahal mereka hanya terlalu sering berpikir dan mengamati lingkungan sekitar.


Jurusan yang cocok: Ilmu Komputer, Matematika, atau Fisika.

 

13. Tipe ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging)

Memiliki empati yang tinggi. Ya, kalimat yang mendeskripsikan sosok dengan tipe kepribadian ISFJ. Hm, selain empati, ISFJ sangat hati-hati dan juga pendiam. Meskipun begitu, sosok ISFJ dapat menjalin komunikasi dan hubungan sosial yang baik.

Kepribadian ISFJ adalah pembela. Terkadang bisa menjadi super waspada dan juga teliti. Walau ISFJ suka menunda suatu hal, ISFJ percaya bisa menyelesaikannya tepat waktu. Hayo, yang suka nunda nugas, tapi ternyata selesai, kamu ISFJ kali?


 Jurusan yang cocok: Pendidikan, kedokteran, keperawatan


14. Tipe ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Sebagai sosok yang berjiwa bebas membuat ISFP dikenal sebagai tipe kepribadian petualang. ISFP merupakan sosok seniman yang mengedepankan estetika. Ia senang dengan kehidupan yang penuh warna.

Ide yang melampaui batas dan totalitas membuat ISFP dikenal pula sebagai sosok yang senang menjadi diri sendiri. Meskipun tergolong tipe yang spontanitas dan tidak mudah ditebak, ISFP mampu mengevaluasi dan mengintropeksi diri di kala sedang berada di fase jenuh.

Jurusan yang cocok: Seni, desain interior dan musik

 

15. Tipe ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging)

Tipe ISTJ adalah tipe yang dianggap paling banyak jumlahnya, sekitar 13%. Jiwa yang dimiliki tipe ini adalah jiwa yang tak kenal lelah terhadap tugas dan sangat terstruktur.

Selain itu, ISTJ juga merupakan sosok yang senang mengambil tanggung jawab, serta bangga dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Orang dengan tipe ini cenderung akan menyimpan pendapatnya sendiri. Terkadang, tipe ini juga bisa menjadi sosok yang keras kepala.

Jurusan yang cocok: ilmu komputer, Teknik dan Manajemen


16. Tipe ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Tipe yang terakhir ini adalah tipe yang toleran, fleksibel, dan bertindak cepat untuk menemukan solusi yang terbaik. ISTP adalah tipe yang sangat rasional. ISTP juga dikenal sebagai kepribadian mekanik, sehingga mereka senang mengeksplorasi satu proyek ke proyek lain dengan tangan dan mata mereka.

Selain itu, ISTP sebagai tipe yang tenang, namun bisa tiba-tiba menjadi tipe yang spontan.


Jurusan yang cocok: teknik mesin, Seni rupa dan olahraga

Posting Komentar untuk "Tes Kepribadian MBTI"