PRINSIP DAN TEORI SCIENTIFIC INFORMATION
PRINSIP DAN TEORI SCIENTIFIC INFORMATION
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini calon wirausaha diharapkan dapat mengerti:
- Pola Pikir Kewirausahaan Digital
- Canva
- Copy Writing Pada Instagram
- Informasi tentang Hak Cipta
Pola Pikir Kewirausahaan Digital
Proses menemukan peluang digital baru melibatkan pertimbangan yang cermat dalam menciptkana produk dan layanan saat ini di pasar sasaran dan peran digital teknologi dalam penyediaannya. Ini harus diperhatikan dari dalam perspektif pelanggan, dengan demikian kebutuhan pelanggan dan mengidentifikasi bagaimana mendigitalkan produk dan layanan saat ini dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Secara khusus, ini melibatkan pemahaman model bisnis saat ini yang melayani publik dan menghasilkan nilai serta mempertimbangkan konfigurasi model bisnis baru yang akan menambah nilai lebih bagi pelanggan. Dalam kasus Gojek, seorang Nadiem Makerim yang saat itu masih menjadi CEO perusahaan mencari cara untuk menyelesaikannya kebutuhan transportasi di Jakarta saat itu.
Evaluasi menyangkut pertimbangan yang cermat atas peluang digital. Perhatian tertentu harus diberikan pada ukuran pasar (potensial) untuk peluang digital. Sebelum memanfaatkan peluang, harus jelas bahwa akan ada permintaan produk atau layanan. Selanjutnya, wirausahawan harus mengevaluasi benar atau tidak dalam memberikan nilai yang diperlukan dari produk tersebut berdasarkan sumber daya wirausahawan itu sendiri. Selain itu wirausahawan juga harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti keterampilan manajemen mereka dan semangat serta ketekunan mereka untuk mengembangkan produk.
Peluang digital juga dapat mencakup penerapan proses gerbang-panggung, di mana kita mengejar peluang hanya jika melewati semua 'gerbang', termasuk faktor-faktor seperti risiko tujuan, sumber daya keuangan, dan kriteria lainnya. Airbnb dimulai saat pendirinya berjuang untuk membayar sewa dan mulai menyewakan rumah mereka kepada orang asing.
Namun, sebelum melanjutkan bisnisnya, para pendiri mengevaluasi pasar potensial untuk ide produknya. Setelah memprioritaskan solusi atau teknologi digital, wirausahawan dapat memanfaatkan peluang kewirausahaan. Langkah terakhir dari eksploitasi peluang ini mewakili sebuah langkah penting untuk membuat bisnis digital sukses. Langkah terakhir ini termasuk kegiatan dan investasi yang dilakukan pengusaha untuk menerima pengembalian dari peluang digital baru dengan membangun sistem bisnis yang efisien.
Digitalisasi yang meluas tidak hanya mengarah pada melihat peluang yang muncul di lingkungan digital, tetapi juga, yang lebih penting, memprioritaskan produknya di atas yang lain. Menerapkan pola pikir digital harus menghasilkan bisnis mengenali dan memanfaatkan peluang yang timbul dari fenomena seperti:
- Perkembangan teknologi dan kemajuan infrastruktur
- Kecerdasan buatan digunakan untuk meningkatkan kualitas keputusan
- Augmented reality (teknologi yang memperluas dunia fisik kita dengan cara menambahkan lapisan informasi digital ke dalamnya) digunakan untuk memperluas wawasan wirausaha
- Layanan cloud
- Koneksi tanpa batas dalam memanfaatkan peluang yang muncul
- Penjualan produk atau layanan digital di seluruh jaringan elektronik
Canva
Canva adalah tool yang dapat digunakan membuat desain dengan menarik, mudah dan praktis. Layanan Canva dapat diakses melalui situs www.Canva.com dan aplikasi canva yang dapat diunduh di playstore atau app store.
Karena tersedia online, aplikasi canva dapat digunakan dari mana saja, asalkan terkoneksi di internet. Dibab ini kita akan membahas berbagai cara penggunaan aplikasi Canva serta mempraktikan pembuatan berbagai grafis yang menarik, tentunya grafis yang mendukung kegiatan social media marketing yang kita lakukan.
Nah, agar bias menikami layanan Canva, kita daftar dulu di Canva. Berikut langkah – langka mendaftar di situs Canva:
- Kunjugi situs www.Canva.com dihalaman depan situs Canva, ada berbagai cara pendaftaran yang bias Anda pilih, dengan akun facebook, google ataupun email.
- Jika mendaftar memakai email, Anda
diminta mengisi form pendaftaran tersebut
Beberapa
model copywriting pada Instagram Story
Contoh
Copywriting untuk Penulisan Headline
Headline bisa berarti judul atau teks
yang berukuran paling besar serta menonjol pada konten Instagram Post maupun
Story. Teks yang akan dijadikan headline hendaknya membuat para followers
tergerak untuk melakukan sesuatu atau minimal tertarik untuk melihat isi dari
seluruh konten. Contoh-contoh kalimat yang dapat dipakai sebagai headline
sebagaj berikut:
1.
Beralihke…..
2.
Kesuksesan dimulai dengan….
3.
….yang bekerja sama kerasnya dengan Anda.
4.
Sekarangsaatnyauntuk….
5.
….diucapkan disini
Contoh
Copywriting untuk Mengahasilkan Uang
Tidak sulit untuk berjualan produk dan
jasa di Instagram. Yang penting,
Anda memiliki produk dan jasa yang bernilai jual tinggi. Selanjutnya, gunakan contoh-contoh
kalimat di bawah ini untuk menarik followers menjadi customer:
1.
….jalan Anda menuju kekayaan!
2.
Peluang menghasilkan uang.
3.
Menghasilkan uang dengan cara mudah!
4.
Kesempatan Emas
5.
Hasilkan jutaan….dalam tahun pertama
Anda
Contoh
Copywriting untuk Memancing Rasa Penasaran
Kadang-kadang hard selling kurang
efektif untuk mendapatkan keuntungan dari Instagram. Mengapa? Karena mereka
akan merasa sedang dijadikan target untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Jika demikian, ubah kalimat hard selling
yang serba berterus terang menjadi kalimat-kalimat yang lebih memancing rasa
penasaran. Contoh-contoh kalimat untuk memancing rasa penasaran yang bisa Anda
tambahkan di dalam Instagram Post maupun story adalah:
1.
Bukankah ini waktu Anda...?
2.
Apakah Anda tahu bahwa...?
3.
Apakah Anda masih...?
4.
Ingin tetap berhubungan dengan...?
5.
Ingin tinggal sejajar dengan...?
Contoh
Copywriting untuk Pernyataan
Pernyataan atau statement perlu
ditambahkan pada promosi penjualan agar para followers mengetahui konsekuensi
yang bakal terjadi jika mereka mengabaikan program promosi yang sedang Anda
tawarkan. Oleh karena itu, contoh-contoh kalimat di bawah ini dapat digunakan
untuk memberi pernyataan langsung kepada para followers:
1.
Tidak ada rahasia tersembunyi bahwa ...
2.
Kami akan mengubah pemikiran Anda
tentang...
3.
Anda mungkin diperhatikan bahwa...
4.
Hanya menunggu sampai Anda...
5.
Kesempatan ini tidak datang setiap hari
9.1
Informasi tentang Hak Cipta
Di Indonesia,
pemahaman masyarakat tentang hak cipta masih rendah sehingga sering terjadi
salah kaprah. Pada dasarnya, apabila Anda memposting foto atau video orang lain
ke Instagram, tetap dibutuhkan kewaspadaan. Mengapa? Karena aktivitas yang Anda
lakukan tetap akan berpotensi terjadi pelanggaran hak cipta meskipun:
·
Anda sudah memberi kredit (informasi)
kepada si pemilik hak cipta. Menulis nama fotografer atau pemilik foto tanpa
menghubunginya terlebih dulu berpotensi mengakibatkan pelanggaran hak cipta.
Jadi, hubungi dulu empunya foto dan
mintalah izin untuk mengunggah foto itu ke akun Anda.
·
Anda menulis semacam disclaimer (pernyataan) bahwa posting
yang dibuat tidak bermaksud untuk melanggar hak cipta. Kalimat-kalimat yang
biasa disertakan biasanya seperti: “Tidak bermaksud apa-apa, hanya berusaha
membantu menyebarkan ....”
·
Anda menulis bahwa tidak bermaksud untuk
mendapatkan uang atau nilai ekonomis dari postingan tersebut. Sekali lagi dengan
menggunakan kalimat, “Hanya bermaksud membang menyebarkan."
·
Memposting foto atau video yang Anda
beli tapi tidak dimaksudkan sebagaimana peruntukannya. Misalnya, Anda beli film
dari DVD atau layanan TV berbayar, merekam, dan mempostingnya di Instagram. Hal
yang sama berlaku untuk karya audio seperti musik.
·
Memodifikasi karya orang lain sehingga
bentuk aslinya sudah berbeda Dalam dunia fotografi dan desain ini disebut
“karya turunan”.
·
Memposting foto atau video orang lain
karena banyak orang melakukan hal serupa.
·
Anda menemukan foto bagus di Google dan
mempostingnya di Instagram. Langkah ini juga tidak bisa dibenarkan karena
Google sendiri sudah memberi peringatan bahwa bisa jadi foto-foto yang muncul sebagai
hasil pencarian mengandung hak cipta.
Masalahnya
adalah ada banyak orang memposting konten serupa meskipun ada indikasi pelanggaran hak cipta.
Mengapa tidak terjadi masalah? Ada beberapa kemungkinan:
·
Yang memegang hak cipta mengikhlaskan
karya tersebut disebar orang lain.
·
Yang memiliki hak cipta malas mengajukan
tuntutan karena prosesnya lama, membutuhkan banyak biaya, dan tidak percaya
pada sistem hukum.
·
Yang memiliki hak cipta tidak
mempermasalahkan kontennya disebar sehingga batasan antara pelanggaran hak
cipta dan bukan pelanggaran menjadi abu-abu.
Tips
Aman Membuat Konten Foto
Ada banyak kasus di mana Anda perlu
membuat konten yang dibentuk dari campuran foto atau karya orang lain. Dalam
hal ini, agar terbebas dari masalah hak cipta, maka Anda bisa mengikuti
beberapa tip berikut:
·
Ambil foto dari situs online yang
menyediakan lisensi berjenis Creative
Commons with Attribution. Foto-foto di bawah lisensi seperti ini bisa
digunakan untuk keperluan apapun, termasuk komersial. Yang perlu Anda lakukan
adalah menulis kredit (informasi) siapa yang memotret foto tersebut. Anda bisa
menulis kredit di bagian deskripsi foto ataupun komentar. Contoh situs yang
melayani seperti ini adalah unsplash.com.
Jika membutuhkan
foto berkualitas tinggi untuk konten IG tanpa memikirkan masalah hak cipta,
cobalah Unsplash.com
·
Untuk membuat desain grafis di
Instagram, misalnya kata - kata mutiara (quotes),
gunakan layanan online yang memang terspesialisasi untuk hal ini, misalnya
Canva.com. Ambil versi gratis apabila
Anda tak berniat membeli
Daftar
Pustaka:
Hestukoro, S, dkk,.(2021), Kewirausahaan Bisnis Masa Depan dan Digitalisasi, Medan: CV. Andalan Bintang Ghonim
Helianthusonfri, Jefferly (2021), 15+ Social Media Marketing Apps, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Enterprise, Jubilee (2021), Instagra untuk Bisnis, Hobi &Desain Grafis, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo







Nama:Nanang Suryaman
BalasHapusNpm :192350023
Bambang satria putra (182350097)
BalasHapusNama : Ahmad Muammar Lubis
BalasHapusNpm. : 212358013
NAMA: HERYANTO MARPAUNGN
BalasHapusNPM : 212358014
Nama : Heryanto Marpaung
BalasHapusNpm : 212358014
Nama : Yosua Arihta Siregar
BalasHapusNpm : 212358036
Nama : Roni pardede
BalasHapusNpm : 212358028
Nama : Raja pandapotan lingga
BalasHapusNpm : 212358037
Nama : Yan Daniel Hutapea
BalasHapusNPM : 212358026
Kelas : Khusus
Nama : Graciella Lina Putri Hutahaean
BalasHapusNpm : 212358030
212358024 , RIZKY AL AMIN TAMBAK
BalasHapusDuncan Dancin Tarigan_212358031
BalasHapusNama : Amelia Siregar
BalasHapusNPM : 212358029
Andre aditya_17350082
BalasHapusHadir_Muhammad Ramulia Siregar_182350034_IV-1 Pagi
BalasHapusNama : Viktor Alex Sander Aritonang
BalasHapusNpm : 212358008
Nama : Alex prasetio Sitepu
BalasHapusNpm : 212358006
Nama : Elfrans Arsendy Tampubolon
BalasHapusNPM : 212358005
Kelas Semester Antara
Nama : Sri Linda Gabryella Silalahi
BalasHapusNpm : 212358035