Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PRINSIP DAN TEORI SCIENTIFIC INFORMATION

PRINSIP DAN TEORI SCIENTIFIC INFORMATION

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bab ini calon wirausaha diharapkan dapat mengerti:

  1. Pola Pikir Kewirausahaan Digital
  2. Canva
  3. Copy Writing Pada Instagram
  4. Informasi tentang Hak Cipta

Pola Pikir Kewirausahaan Digital

            Proses menemukan peluang digital baru melibatkan pertimbangan yang cermat dalam menciptkana produk dan layanan saat ini di pasar sasaran dan peran digital teknologi dalam penyediaannya. Ini harus diperhatikan dari dalam perspektif pelanggan, dengan demikian kebutuhan pelanggan dan mengidentifikasi bagaimana mendigitalkan produk dan layanan saat ini dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Secara khusus, ini melibatkan pemahaman model bisnis saat ini yang melayani publik dan menghasilkan nilai serta mempertimbangkan konfigurasi model bisnis baru yang akan menambah nilai lebih bagi pelanggan. Dalam kasus Gojek, seorang Nadiem Makerim yang saat itu masih menjadi CEO perusahaan mencari cara untuk menyelesaikannya kebutuhan transportasi di Jakarta saat itu. 

                 Evaluasi menyangkut pertimbangan yang cermat atas peluang digital. Perhatian tertentu harus diberikan pada ukuran pasar (potensial) untuk peluang digital. Sebelum memanfaatkan peluang, harus jelas bahwa akan ada permintaan produk atau layanan. Selanjutnya, wirausahawan harus mengevaluasi benar atau tidak dalam memberikan nilai yang diperlukan dari produk tersebut berdasarkan sumber daya wirausahawan itu sendiri. Selain itu wirausahawan juga harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti keterampilan manajemen mereka dan semangat serta ketekunan mereka untuk mengembangkan produk. 

                Peluang digital juga dapat mencakup penerapan proses gerbang-panggung, di mana kita mengejar peluang hanya jika melewati semua 'gerbang', termasuk faktor-faktor seperti risiko tujuan, sumber daya keuangan, dan kriteria lainnya. Airbnb dimulai saat pendirinya berjuang untuk membayar sewa dan mulai menyewakan rumah mereka kepada orang asing. 

                    Namun, sebelum melanjutkan bisnisnya, para pendiri mengevaluasi pasar potensial untuk ide produknya. Setelah memprioritaskan solusi atau teknologi digital, wirausahawan dapat memanfaatkan peluang kewirausahaan. Langkah terakhir dari eksploitasi peluang ini mewakili sebuah langkah penting untuk membuat bisnis digital sukses. Langkah terakhir ini termasuk kegiatan dan investasi yang dilakukan pengusaha untuk menerima pengembalian dari peluang digital baru dengan membangun sistem bisnis yang efisien. 

               Digitalisasi yang meluas tidak hanya mengarah pada melihat peluang yang muncul di lingkungan digital, tetapi juga, yang lebih penting, memprioritaskan produknya di atas yang lain. Menerapkan pola pikir digital harus menghasilkan bisnis mengenali dan memanfaatkan peluang yang timbul dari fenomena seperti: 

  1. Perkembangan teknologi dan kemajuan infrastruktur 
  2. Kecerdasan buatan digunakan untuk meningkatkan kualitas keputusan
  3. Augmented reality (teknologi yang memperluas dunia fisik kita dengan cara menambahkan lapisan informasi digital ke dalamnya) digunakan untuk memperluas wawasan wirausaha 
  4. Layanan cloud 
  5. Koneksi tanpa batas dalam memanfaatkan peluang yang muncul 
  6. Penjualan produk atau layanan digital di seluruh jaringan elektronik


Canva

Canva adalah tool yang dapat digunakan membuat desain dengan menarik, mudah dan praktis. Layanan Canva dapat diakses melalui situs www.Canva.com dan aplikasi canva yang dapat diunduh di playstore atau app store.


            Karena tersedia online, aplikasi canva dapat digunakan dari mana saja, asalkan terkoneksi di internet. Dibab ini kita akan membahas berbagai cara penggunaan aplikasi Canva serta mempraktikan pembuatan berbagai grafis yang menarik, tentunya grafis yang mendukung kegiatan social media marketing yang kita lakukan.

Nah, agar bias menikami layanan Canva, kita daftar dulu di Canva. Berikut langkah – langka mendaftar di situs Canva:

  1. Kunjugi situs www.Canva.com dihalaman depan situs Canva, ada berbagai cara pendaftaran yang bias Anda pilih, dengan akun facebook, google ataupun email.

  2.   Jika mendaftar memakai email, Anda diminta mengisi form pendaftaran tersebut

      3. Setelah melengkapi dan mengisi form, proses pendafatarn berlanjut. Anda perlu melakuakn          
          konfirmasi pendaftaran melalui email
      4. Setelah berhasil mendaftar, Anda bias segera mengakses fitur-fitur desain di canva


Copy Writing Pada Instagram

K  Ketika Anda memosisikan Instagram lebih dari sekadar platform berbagi untuk foto-foto selfie dan pemandangan, maka pikirkanlah tentang copywriting. Mengapa? Sebab Anda membutuhkan Instagram untuk memuluskan program bisnis Anda, baik dalam bentuk transaksi produk maupun jasa. 

A   Anda bisa menjual apapun melalui Instagram. Tetapi yang perlu diketahui adalah, foto produk saja tidak cukup. Anda harus tambahkan dengan tulisan-tulisan memikat yang dapat mengubah followers menjadi customers. Untuk inilah, Anda membutuhkan Teknik copywriting yang handal. 

Di Di dalam bab ini, Anda akan mendapatkan ratusan kalimat inspiratif yang bisa langsung dipakai untuk membuat copywriting menarik. Kalimat-kalimat tersebut dapat langsung ditambahkan di dalam desain maupun dalam bentuk deskripsi.





Beberapa model copywriting pada Instagram Story

 

Contoh Copywriting untuk Penulisan Headline

 

Headline bisa berarti judul atau teks yang berukuran paling besar serta menonjol pada konten Instagram Post maupun Story. Teks yang akan dijadikan headline hendaknya membuat para followers tergerak untuk melakukan sesuatu atau minimal tertarik untuk melihat isi dari seluruh konten. Contoh-contoh kalimat yang dapat dipakai sebagai headline sebagaj berikut:

         1.         Beralihke…..

         2.         Kesuksesan dimulai dengan….

         3.         ….yang bekerja sama kerasnya dengan Anda.

         4.         Sekarangsaatnyauntuk….

         5.         ….diucapkan disini

 

Contoh Copywriting untuk Mengahasilkan Uang

 

Tidak sulit untuk berjualan produk dan jasa di Instagram. Yang penting, Anda memiliki produk dan jasa yang bernilai jual tinggi. Selanjutnya, gunakan contoh-contoh kalimat di bawah ini untuk menarik followers menjadi customer:

1.      ….jalan Anda menuju kekayaan!

2.      Peluang menghasilkan uang.

3.      Menghasilkan uang dengan cara mudah!

4.      Kesempatan Emas

5.      Hasilkan jutaan….dalam tahun pertama Anda

 

Contoh Copywriting untuk Memancing Rasa Penasaran

 

Kadang-kadang hard selling kurang efektif untuk mendapatkan keuntungan dari Instagram. Mengapa? Karena mereka akan merasa sedang dijadikan target untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Jika demikian, ubah kalimat hard selling yang serba berterus terang menjadi kalimat-kalimat yang lebih memancing rasa penasaran. Contoh-contoh kalimat untuk memancing rasa penasaran yang bisa Anda tambahkan di dalam Instagram Post maupun story adalah:

 

1.      Bukankah ini waktu Anda...?

2.      Apakah Anda tahu bahwa...?

3.      Apakah Anda masih...?

4.      Ingin tetap berhubungan dengan...?

5.      Ingin tinggal sejajar dengan...?

 

Contoh Copywriting untuk Pernyataan

 

Pernyataan atau statement perlu ditambahkan pada promosi penjualan agar para followers mengetahui konsekuensi yang bakal terjadi jika mereka mengabaikan program promosi yang sedang Anda tawarkan. Oleh karena itu, contoh-contoh kalimat di bawah ini dapat digunakan untuk memberi pernyataan langsung kepada para followers:

 

1.      Tidak ada rahasia tersembunyi bahwa ...

2.      Kami akan mengubah pemikiran Anda tentang...

3.      Anda mungkin diperhatikan bahwa...

4.      Hanya menunggu sampai Anda...

5.      Kesempatan ini tidak datang setiap hari

9.1    Informasi tentang Hak Cipta

 

Di Indonesia, pemahaman masyarakat tentang hak cipta masih rendah sehingga sering terjadi salah kaprah. Pada dasarnya, apabila Anda memposting foto atau video orang lain ke Instagram, tetap dibutuhkan kewaspadaan. Mengapa? Karena aktivitas yang Anda lakukan tetap akan berpotensi terjadi pelanggaran hak cipta meskipun:

 

·         Anda sudah memberi kredit (informasi) kepada si pemilik hak cipta. Menulis nama fotografer atau pemilik foto tanpa menghubunginya terlebih dulu berpotensi mengakibatkan pelanggaran hak cipta.

Jadi, hubungi dulu empunya foto dan mintalah izin untuk mengunggah foto itu ke akun Anda.

·         Anda menulis semacam disclaimer (pernyataan) bahwa posting yang dibuat tidak bermaksud untuk melanggar hak cipta. Kalimat-kalimat yang biasa disertakan biasanya seperti: “Tidak bermaksud apa-apa, hanya berusaha membantu menyebarkan ....”

·         Anda menulis bahwa tidak bermaksud untuk mendapatkan uang atau nilai ekonomis dari postingan tersebut. Sekali lagi dengan menggunakan kalimat, “Hanya bermaksud membang menyebarkan."

·         Memposting foto atau video yang Anda beli tapi tidak dimaksudkan sebagaimana peruntukannya. Misalnya, Anda beli film dari DVD atau layanan TV berbayar, merekam, dan mempostingnya di Instagram. Hal yang sama berlaku untuk karya audio seperti musik.

·         Memodifikasi karya orang lain sehingga bentuk aslinya sudah berbeda Dalam dunia fotografi dan desain ini disebut “karya turunan”.

·         Memposting foto atau video orang lain karena banyak orang melakukan hal serupa.

·         Anda menemukan foto bagus di Google dan mempostingnya di Instagram. Langkah ini juga tidak bisa dibenarkan karena Google sendiri sudah memberi peringatan bahwa bisa jadi foto-foto yang muncul sebagai hasil pencarian mengandung hak cipta.

 

Masalahnya adalah ada banyak orang memposting konten serupa  meskipun ada indikasi pelanggaran hak cipta. Mengapa tidak terjadi masalah? Ada beberapa kemungkinan:

 

·         Yang memegang hak cipta mengikhlaskan karya tersebut disebar orang lain.

·         Yang memiliki hak cipta malas mengajukan tuntutan karena prosesnya lama, membutuhkan banyak biaya, dan tidak percaya pada sistem hukum.

·         Yang memiliki hak cipta tidak mempermasalahkan kontennya disebar sehingga batasan antara pelanggaran hak cipta dan bukan pelanggaran menjadi abu-abu.


Tips Aman Membuat Konten Foto

 

Ada banyak kasus di mana Anda perlu membuat konten yang dibentuk dari campuran foto atau karya orang lain. Dalam hal ini, agar terbebas dari masalah hak cipta, maka Anda bisa mengikuti beberapa tip berikut:

 

·         Ambil foto dari situs online yang menyediakan lisensi berjenis Creative Commons with Attribution. Foto-foto di bawah lisensi seperti ini bisa digunakan untuk keperluan apapun, termasuk komersial. Yang perlu Anda lakukan adalah menulis kredit (informasi) siapa yang memotret foto tersebut. Anda bisa menulis kredit di bagian deskripsi foto ataupun komentar. Contoh situs yang melayani seperti ini adalah unsplash.com.



Jika membutuhkan foto berkualitas tinggi untuk konten IG tanpa memikirkan masalah hak cipta, cobalah Unsplash.com

 

·         Untuk membuat desain grafis di Instagram, misalnya kata - kata mutiara (quotes), gunakan layanan online yang memang terspesialisasi untuk hal ini, misalnya Canva.com. Ambil  versi gratis apabila Anda tak berniat membeli

Daftar Pustaka:

 

Hestukoro, S, dkk,.(2021), Kewirausahaan  Bisnis Masa Depan dan Digitalisasi, Medan: CV. Andalan Bintang Ghonim

Helianthusonfri, Jefferly (2021), 15+ Social Media Marketing Apps, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Enterprise, Jubilee (2021), Instagra untuk Bisnis, Hobi &Desain Grafis, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

 


19 komentar untuk "PRINSIP DAN TEORI SCIENTIFIC INFORMATION"

  1. Nama:Nanang Suryaman
    Npm :192350023

    BalasHapus
  2. Nama : Ahmad Muammar Lubis
    Npm. : 212358013

    BalasHapus
  3. Nama : Yosua Arihta Siregar
    Npm : 212358036

    BalasHapus
  4. Nama : Roni pardede
    Npm : 212358028

    BalasHapus
  5. Nama : Raja pandapotan lingga
    Npm : 212358037

    BalasHapus
  6. Nama : Yan Daniel Hutapea
    NPM : 212358026
    Kelas : Khusus

    BalasHapus
  7. Nama : Graciella Lina Putri Hutahaean
    Npm : 212358030

    BalasHapus
  8. 212358024 , RIZKY AL AMIN TAMBAK

    BalasHapus
  9. Nama : Amelia Siregar
    NPM : 212358029

    BalasHapus
  10. Hadir_Muhammad Ramulia Siregar_182350034_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  11. Nama : Viktor Alex Sander Aritonang
    Npm : 212358008

    BalasHapus
  12. Nama : Alex prasetio Sitepu
    Npm : 212358006

    BalasHapus
  13. Nama : Elfrans Arsendy Tampubolon
    NPM : 212358005
    Kelas Semester Antara

    BalasHapus
  14. Nama : Sri Linda Gabryella Silalahi
    Npm : 212358035

    BalasHapus