OTOMATISASI PERKANTORAN
OTOMATISASI PERKANTORAN
Otomatisasi perkantoran berarti pengalihan fungsi manual peralatan kantor yang banyak
menggunakan tenaga manusia kepada fungsi-fungsi otomatis dengan menggunakan peralatan mekanis
khususnya komputer.
Otomatisasi perkantoran mencakup semua sistem elektronik formal dan informal yang
terutama berkaitan dengan komunikasi informal dari orang-orang didalam maupun diluar
perusahaan. Sistem Elektronik Formal dimaksudkan sebagai kegiatan perkantoran yang
dokumentasiakan dengan suatu prosedur tertulis. semua perusahaan menerapakan sistem formal untuk
memenuhi kebutuhan organisasi. Misalnya untuk pengelolaan informasi yang didistribusikan ke
manajer berupa laporan-laporan periodic maupun laporan khusus. Sistem Elektronik informal berarti
sistem perkantoran yang tidak direncanakan atau diuraikan secara tertulis. Sistem-sistem informal ini
diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri. Misalnya
melakukan konsultasi atau diskusi dengan pengambil keputusan lainnya. Sistem informal dalam
otomatisasi perkantoran menjadikan ciri tersendiri dalam penggunaan komputer dalam
perusahaan, Karena otomatisasi perkantoran dimaksudkan untuk memudahkan jenis komunikasi.
Otomatisasi perkantoran tidak hanya melayani orang-orang didalam perusahaan, akan tetapi juga
dengan orang lain diluar lingkungan perusahaan.
Dalam gambar model otomatisasi perkantoran di atas tidak terjadi aliran data tetapi hanya ada
aliran komunikasi dan informasi. Pengertian data sendiri adalah penggambaran dari segala
sesuatu dari sebuah kenyataan maupun kejadian. Melalui proses pengolahan data, sebuah data
menjadi lebih bermanfaat bagi penggunanya dan disebut sebagai informasi. Pengertian komunikasi
adalah adanya saling tukar menukar informasi antara dua obyek atau lebih.
Proses yang terjadi diperkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke
otomatisasi. Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah dan tanpa rencana
menuju aplikasi yang terencana dan terpadu. Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan
pengiriman informasi.
Otomatisasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan yang
lebih baik. Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan
sebagai pengganti.
Posting Komentar untuk "OTOMATISASI PERKANTORAN"