KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI (Pertemuan 6)
PENTINGNYA BERKOMUNIKASI DENGAN JELAS
“WE CANNOT NOT COMMUNICATE”(Bateson, 1972) Komunikasi adalah prasyarat kehidupan Manusia, Fakta :
1. Individu menghabiskan 70% dari waktu mereka untuk berkomunikasi – menulis, membaca,
berbicara, mendengar
2. Komunikasi yang buruk merupakan sumber konflik antar personal
3. Sebuah ide betapapun hebatnya tidak berguna hingga dapat disampaikan dan dipahami orang lain
KESIMPULAN :
Komunikasi meliputi transfermaupun pemahamanMakna
MISKOMUNIKASI
A. Pengertian Organisasi
• Organisasi adalah sekelompok masyarakat kecil yang saling bekerjasama untuk mencapai
suatu tujuan (Purwanto : 20)
• Organsisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dan saling bergantung untuk
mencapai beberapa tujuan (McShane dan Von Glinov : 5)
FUNGSI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
1. FUNGSI INFORMATIF
2. FUNGSI REGULATIF
3. FUNGSI PERSUASIF
4. FUNGSI INTEGRATIF
1. Fungsi Informatif
• Organisasi dapat dipandang sbg suatu sistem pemrosesan informasi (information processing system).
• Seluruh anggota dalam organisasi berharap akan dpt informasi yg lebih banyak, lebih baik, dan tepat
waktu
• Informasi yg didapat memungkinkan setiap anggota organisasi dpt melaksanakan pekerjaannya
secara lebih pasti.
2. Fungsi Regulatif
• Berkaitan dengan peraturan-peraturan yg berlaku dalam suatu organisasi
• Atasan atau orang-orang dlm jajaran struktural memiliki kewenangan untuk mengendalikan semua
informasi yg disampaikan
3. Fungsi Persuasif
• Dalam mengatur suatu organisasi, kekuasan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil
sesuai dengan yg diharapkan.
• Banyak pimpinan lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah
4. Fungsi Integratif
• Setiap organisasi berusaha menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melaksanakan
tugas & pekerjaan dengan baik.
• Pelaksanaan komunikasi ini dapat menumbuhkan keinginan untuk berpartisipasi yg lebih besar dlm
diri karyawan terhadap organisasinya.
GAYA KOMUNIKASI
• Gaya komunikasi (communication style) didefinisikan sbg seperangkat perilaku antar pribadi yang
terspesialisasi, yang digunakan dlm suatu situasi tertentu (a specialized set of interpersonal behaviors
that are used in a given situation)
• Masing-masing gaya komunikasi terdiri dari sekumpulan perilaku komunikasi yg dipakai untuk
mendapat respon atau tanggapan tertentu dlm situasi yang tertentu pula.
6 gaya komunikasi :
1.The Controlling Style
2.The Equalitarian Style
3.The Structuring Style
4.The Dynamic Style
5.The Relinguishing Style
6.The Withdrawal Style
1. The Controlling Style
• Gaya komunikasi bersifat mengendalikan, ditandai dengan adanya satu kehendak untuk membatasi,
memaksa & mengatur perilaku, pikiran dan tanggapan orang lain.
• Lebih memusatkan perhatian pada pengiriman pesan, tidak ada/tidak mengharapkan umpan balik
2. The Equalitarian Style
• Aspek penting gaya komunikasi ini adalah adanya landasan kesamaan, dan two way trafficof
communication
• Komunikasi dilakukan secara terbuka, mengungkapkan gagasan secara rileks, santai dan
informal.
• Memudahkan tindak komunikasi dalam organisasi, efektif dalam memelihara empati & kerjasama.
3. The Structuring Style
• Memanfaatkan pesan-pesan verbal secara tertulis maupun lisan guna memantapkan perintah yg harus
dilaksanakan, penjadwalan tugas & pekerjaan serta struktur organisasi.
4. The Dynamic Style
• Gaya komunikasi dinamis memiliki kecenderungan agresif, karena pengirim pesan memahami bahwa
lingkungan pekerjaannya berorientasi pada tindakan (action oriented)
5. The Relinguishing Style
• Gaya komunikasi ini lebih mencerminkan kesediaan untuk menerimasaran, pendapat atau gagasan
orang lain, daripada keinginan untuk memberi perintah.
6. The Withdrawal Style
* Gaya ini tidak layak dipakai dalam komunikasi organisasi.
* Akibat yg muncul jika gaya ini digunakan adalah melemahnya tindak KOMUNIKASI.
* Dalam deskripsi konkret adalah, saat seseorang mengatakan : “Saya tidak ingin dilibatkan dalam
persoalan ini !”. Pernyataan ini bermakna bahwa seseorang mencoba melepas diri dari tanggung
jawab, tapi juga mengindikasikan suatu keinginan untuk menghindari berkomunikasi dengan orang
lain.
• Adanya pembagian tugas dan tanggung-jawab
• Adanya pusat kekuasaan
• Adanya substitusi sumberdaya manusia
• Adanya ketergantungan antar anggota organisasi
• Adanya interaksi yang berulang –ulang
• Adanya koordinasi antar komponen
1.Organisasi bisnis, tujuan utama adalah mencari keuntungan ekonomi.
2. Organisasi nir laba atau non laba, organisasi yang tidak berorientasi pada laba
3. Badan Usaha Milik Negara (BUMN), suatu perusahaan yang sebagian atau seluruh
modalnya dimiliki oleh pemerintah.
4. Koperasi, organisasi ekonomi rakyat yg berwataksoisal, karakteristik utama : user own oriented
firm.
Hadir_M Mahdi Maulana Lbs _182350154
BalasHapusHadir_Fauzan Ananda H_202353001
BalasHapusHadir_Fauzan Ananda H_202353001
BalasHapusHadir_Fauzan Ananda H_202353001
BalasHapusHadir_Fauzan Ananda H_202353001
BalasHapusHadir_Fauzan Ananda H_202353001
BalasHapusHadir_Angga Prayuda_17350124
BalasHapusHadir_Angga Prayuda_17350124
BalasHapusM mahdi maulana lubis (182350154)
BalasHapusHadir_Didik Maulana_192353008
BalasHapusHadir_eliza novita sari_192353003
BalasHapusHadir_Khairunnisa Dalimunthe_182350081
BalasHapusHadir_Aji Syahputra_182350087
BalasHapusHadir_ eliza novita sari _ 192353003
BalasHapusHadir_Ridho Yohan Husnira_182350061
BalasHapusHadir_Andre Kurnia Putra_182350089
BalasHapushadir_vashania yudistira_182350077
BalasHapusHadir_Tri Rizki Ramadhani_182350073
BalasHapusHadir_Rivaldi_182350078
BalasHapusHadir_Andre Kurnia Putra_182350089
BalasHapusHadir_Kharisma Saga_182350102
BalasHapusHadir_Kharisma Saga_182350102
BalasHapushadir_vashania yudistira_182350077
BalasHapusHadir_Rizki Anindya Daulay_182350062
BalasHapusHadir_Ira Wardani Hasibuan_182350059
BalasHapusHadir_Ernanda Wijaya_182350067
BalasHapusHadir_Ira Wardani Hasibuan_182350059
BalasHapusHadir_Nurharianna Siregar_182350075
BalasHapusHadir_Zilla Amartya_182350068
BalasHapusHadir_Syara Annisa_182350071
BalasHapushadir_Nuraisyah Putri_182350981
BalasHapusHadir_leonardo Tarigan_16350201
BalasHapusM Mahdi Maulana Lbs _182350154
BalasHapusAngga Ardiansyah_182350056
BalasHapusMuhammad Farhan Hafiz_182350002
BalasHapusArdiansah_182350052
BalasHapusDedy Rahmat Zalukhu_182350024
BalasHapusHadir_Hanna Ritonga_182350012_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Ermayani Sihombing_182350014_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Ratih Ningtyas_182350030_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Meri Ananda(192350175)
BalasHapusHadir_Emma Yurispa Siregar_182350013_IV-1 Pagi
BalasHapusFajriansyah Maulana Nst_182350025
BalasHapusRizky Ainul Prasetio_182350027
BalasHapusSalamudin_182350055
BalasHapusHadir_aldira afnur _ 192350163
BalasHapusHadir_Muhammad Ramulia Siregar _182350034_IV-1 Pagi
BalasHapusHadir_Nurhayati_182350029
BalasHapusHadir_Nurhayati_182350029
BalasHapusHadir_Kevin Koseki Sibarani_182350041
BalasHapusHadir_Muhammad Fadli Fahreza_IV-1 Pagi
BalasHapushadir_M. Fitra Abdillah_182350051
BalasHapusFeriza Kholbi Amsyah Nst_182350036
BalasHapusHadir_Andy Saputra_182350039
BalasHapusHadir_Andy Saputra_182350039
BalasHapusHadir_Muhammad Fakhrul Rozi_192350176_4-1 pagi
BalasHapusHadir_Tedy sanjaya_182350082_Kelas 4-2 Pagi
BalasHapusHadir_M.Reza Al Faiz Hsb_192350083_IV.2 Pagi
BalasHapusHadir_Fahri Ardhana_192350052_IV-2 TI Pagi
BalasHapusHadir_Muhajir Lubis_182350064_4.2 pagi
BalasHapusIlham Rizki Fadhillah_192350086
BalasHapusLastri Pratiwi_192350096
BalasHapusHadir_Surya Ramadan Hasibuan_182350245
BalasHapusHadir_Yurico Herman_192350067_IV-2Pagi
BalasHapusHadir_ M. Dimas Hariansyah_182350072_IV-II Pagi
BalasHapusBambang satria putra (182350097)
BalasHapusHadir_Budi Sahputra_192350060_IV-2 Pagi
BalasHapusHadir_M Abu Anas Hamzah_182350264
BalasHapusHadir_Fadhilah Mursyid_192350076_IV-2 Pagi Teknik Informatika
BalasHapus