Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INTERPERSONAL SKILL MATERI 3

INTERPERSONAL SKILL


Komunikasi Efektif 

* Komunikasi secara sederhana dapat diartikan sebagai proses mengirimkan dan menerima pesan 

* Keberhasilan sebuah usaha/bisnis juga bergantung pada kemampuan karyawan dan manajer dalam        berkomunikasi dengan publik secara efektif 

* Komunikasi efektif terjadi jika tercapai pemahaman yang sama, merangsang pihak yang lain                melakukan tindakan dan mendorong orang untuk berfikir dengan cara yang baru. 


 Seni Berkomunikasi Effektif 

-  The art of Looking (memandang) 

-  The art of Smiling (tersenyum) 

-  The art of Listening (mendengar) 

-  The art of Questioning (bertanya) 

-  The art of Answering (menjawab) 

-  The art of Surprising (kejutan positif) 

-  The art of Admitting Mistake (mengakui kesalahan) 

-  The art of Asking Apology (meminta maaf) 

-  The art of Stating Empathy (pernyataan empati) 

-  The art of Closing Conversation (menutup pembicaraan)


Seni Berkomunikasi Efektif 

* The art of Looking (memandang)


Pandang mata Publik Anda dengan ramah dan bersahabat Jaga kontak mata “Tatapan mata mengungkap berjuta kata”

* The art of Smiling (tersenyum) 

Tinggalkan semua beban pikiran Anda sebelum menuju tempat bekerja Jangan memikirkan hal lain selain keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi publik “Ketulusan terungkap melalui senyum”

* The art of Listening (mendengar) 




Pusatkan perhatian pada apa yang dikatakan publik Dengarkan nada suara publik Tunjukkan pada publik bahwa Anda mendengarkannya Kesediaan mendengar menjadikan lebih pintar 

*The art of Answering (menjawab) 


Hindari menjawab publik dengan memberikan janji kosong Tahan diri untuk tidak memotong pembicaraan publik Berikanlah jawaban yang lengkap dan jelas Jawaban pasti tentu lebih berarti 

* The art of Questioning (bertanya) 

Gunakanlah kalimat pendek dan bahasa yang mudah dimengerti oleh publik Fokuskan pertanyaan untuk kelengkapan data atau untuk membantu penyelesaian masalah Bertanya memperkaya wacana 

*The art of Surprising (kejutan positif) 





Berikan perhatian ekstra pada publik Pahami masalah publik sebelum ia bertanya pada Anda Rencanakan dan siapkan kejutan positif yang berkesan Kejutan mengesankan kepedulian 


Seni Berkomunikasi Effektif 

*The art of Admitting Mistake (mengakui kesalahan) 

Jangan malu untuk mengakui kesalahan. Akui kesalahan dengan jujur dan  pastikan tidak akan terulang lagi  Mengakui kesalahan bukan berarti kinerja dan kredibilitas Anda buruk 

                    Mengakui kesalahan mencerminkankan kerendahan hati dan kebesaran jiwa 


*  The art of Asking Apology (meminta maaf) 

Bila publik mengeluh, segera minta maaf walaupun itu bukan kesalahan Anda Hindari konfrontasi dengan publik Minta maaflah, dan bangun kembali kepercayaan publik dengan segera 


                                            Permintaan maaf mengajarkan rasa ikhlas 


* The art of Stating Empathy (pernyataan empati) 

Posisikan diri Anda di tempat publik yang mengalami kesulitan.Tawarkan bantuan segera sebatas kemampuan saat publik membutuhkan Beri pujian jika memang pantas mendapatkannya


                                            Pernyataan Emphaty sangat menyejukkan hati 

*The art of Closing Conversation (menutup pembicaraan) 

Pastikan semua kebutuhan dan keinginan publik telah terpenuhi sebelum menutup pembicaraan Simpulkan pembicaraan untuk tindaklanjut sesuai kesepakatan Ucapkan terima kasih atas kunjungan publikdan ucapkan “selamat jalan”

                                        Ungkapkan kata perpisahan yang membawa kesan 

7 syarat keberhasilan SUCCESS Dr.Maxwell Maltz 

*  Sense of direction (kecakapan menetapkan tujuan) 

*  Understanding (kemampuan memahami dengan memanfaatkan pengalaman atau pengetahuan) 

*  Courage ( keberanian untuk berbuat sesuatu) 

*  Charity ( bersikap murah hati /ramah ) 

*  Esteem(mempunyai jati diri/kepribadian ) 

*  Self confidence (mempunyai kepercayaan diri) 

*  Self acceptence (dapat menerima dan menyadari keadaan dirinya ) 

7 sikap negatif yang dapat menyebabkan kegagalan/Failure 

*  Frustration ( putus asa - frustasi ) 

*  Agressiveness ( sikap suka menentang dan menantang/sikap galak ) 

*  Insecurity (sikap cemas/merasa tidak aman) 

*  Lonelyness (sikap suka menyendiri) 

*  Uncertainity (gelisah karena ketidakpastian) 

*  Resenment (sikap suka uring-uringan,marah tanpa alasan yang jelas) 

*  Emptiness (sikap suka bengong, tidak mampu berpikir dan berbuat apa-apa) 


S I K A P adalah segalanya 

*  Bila Anda melayani publik, Anda mempunyai kemampuan untuk membentuk persepsi publik. 

*  Kata-kata dan sikap Anda sangatlah ampuh untuk menciptakan persepsi dan opini publik tentang Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja. Sehingga persepsi dan opini yang terbentuk seharusnya adalah Persepsi dan Opini yang positif 


Sikap Orang Lain Kepada Anda Adalah Cermin Sikap Anda 

*  You are You = Sikap Anda adalah penentu segalanya 

*  Hargai diri Anda dan orang lain 

*  Percaya pada diri sendiri 

*  Percaya Anda bisa membuat sesuatu yang berbeda 

*  Niatkan untuk memberikan dan melakukan yang terbaik dalam segala hal sejak awal 


Serve Your Public With CARE 

*  Communication 

Kemampuan menciptakan komunikasi yang informatif dan efektif, sangat menentukan penilaian performance seorang Pelayan Publik 

*  Attention 

Kesediaan memberikan perhatian yang sangat menyentuh namun tidak berlebihan, akan sangat berkesan dalam ingatan Publik 

* Relationship 

Hubungan bisnis yang hangat dan profesional harus tetap terbina dan terpelihara secara berkesinambungan 

*  Emotion 

Kemampuan membangkitkan kedekatan secara emosional harus terus dikembangkan agar mampu  menjadi perekat bisnis yang tidak tergoyahkan 

41 komentar untuk "INTERPERSONAL SKILL MATERI 3"

  1. HADIR_Muhammad Fakhrul Rozi_192350176_4-1 Pagi

    BalasHapus
  2. Hadir_Hanna Ritonga_182350012_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  3. Hadir_Emma Yurispa Siregar_182350013_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  4. Hadir_Ratih Ningtyas_182350030_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  5. Hadir_Ermayani Sihombing_182350014_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  6. Muhammad Ridzky Pratama_182350046

    BalasHapus
  7. Muhammad Farhan Hafiz_182350002

    BalasHapus
  8. Feriza Kholbi Amsyah Nst_182350036

    BalasHapus
  9. Hadir_Muhammad Ramulia Siregar _182350034_IV-1 Pagi

    BalasHapus
  10. Hadir_Muhajir Lubis_182350064_4.2 pagi

    BalasHapus
  11. Hadir_Muhajir Lubis_182350064_4.2 Pagi

    BalasHapus
  12. Hadir_MHD.Husnul Khuluqi_192350079_III-2 Pagi

    BalasHapus
  13. Hadir_M. Dimas Hariansyah_182350072_4.2 pagi

    BalasHapus
  14. Fahri Ardhana_192350052_IV-2 Pagi_HADIR

    BalasHapus
  15. Hadir_Fadhilah Mursyid_192350076_IV-2 Pagi Teknik Informatika

    BalasHapus
  16. Hadir_Mieska Rachmadina Lubis_182350090_4.2 pagi

    BalasHapus
  17. Hadir_M.Reza Al Faiz Hsb_192350083_IV.2 Pagi

    BalasHapus
  18. Hadir_Budi Sahputra_192350060_III-2 Pagi

    BalasHapus